Firli Bahuri Bantah Isu Pemerasan Mentan SYL: Ada yang Mengatasnamakan Pimpinan KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah terkait adanya dugaan pemerasan yang dilakukannya terkait dengan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Hal tersebut dikatakannya demi menepis adanya pemerasan hingga dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

BAP Saksi Ungkap SYL Minta Belikan Keris Emas, Harganya Fantastis

"Tentu saya ingin katakan bahwa apa yang menjadi isu sekarang tentu kita juga harus pahami namun demikian kita juga menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak pernah dilakukan oleh pimpinan KPK," ujar Firli Bahuri di gedung merah putih KPK, Kamis 5 Oktober 2023.

Firli menjelaskan kalau belakangan ini memang banyak yang mengatasnamakan dirinya sekaligus lembaganya untuk menghubungi sejumlah menteri hingga anggota DPR RI. Namun, Firli mengaku tak pernah melakukannya.

Pejabat Kementan Patok Urunan Rp30 Juta Demi Penuhi Keinginan SYL

"Beberapa kali terjadi penyalahgunaan foto, maupun picture yang mengatasnamakan, ada beberapa kali, mengatasnamakan pimpinan," kata Firli.

Pimpinan KPK Temui Komisi III DPR. Firli Bahuri

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin
Saksi: Anak-Cucu SYL Minta Uang ke Kementan untuk Beli Sound System

"Saya tidak tahu siapa yang melakukan itu dengan meminta segala sesuatu, pak Ali sudah pernah menyampaikan waktu itu," sambungnya

Sebelumnya, Sopir pribadi Mentan SYL dikabarkan dipanggil penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Pemanggilan itu menyangkut kasus dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perihal kabar tersebut, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Karyoto tak mau diwawancara saat ditemui di Markas Polda Metro Jaya. Pun, dengan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

Ade Safri tak mau menanggapi perihal beredarnya surat panggilan itu. "Ada giat ada giat, ada kegiatan" ujar Ade.

Mentan Syahrul Yasin Limpo menyerahkan surat pengunduran diri ke Jokowi

Photo :
  • Ist

Adapun surat panggilan yang beredar di kalangan awak media bernomor Nomor:B/10 339 MII/RES.3.3./2023/Ditreskrimsus diperuntukkan kepada sopir pribadi Mentan SYL. Surat panggilan juga sudah ditandatangani Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak pada 25 Agustus 2023.

Dalam surat itu, sopir SYL bernama Heru diminta menemui penyidik pada Senin 28 Agustus 2023 pukul 09.30 WIB di ruang pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya. Maksud panggilan guna memberi klarifikasi soal kasus yang sedang ditangani Subdit V Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Polisi disebut tengah melakukan penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian RI Tahun 2021.

Sangkaannya terkait Pasal 12 huruf e Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya