Firli Bahuri: Ajudan Saya Cuma Satu, Namanya Kevin

Ketua KPK Firli Bahuri saat jumpa pers di Gedung Merah Putih, Kamis 5/9
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, menegaskan kalau ajudannya hanya seorang dan bernama Kevin. Hal itu merespons kabar adanya titipan dana ke salah satu ajudan Firli bernama Irwan, dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian yang turut menyeret Syahrul Yasin Limpo, SYL.

Duit Ditjen Holtikultura Kementan yang Mengalir ke SYL Bikin Kaget

Diketahui, ada sebuah informasi kalau Firli Bahuri telah meminta dana untuk menutup sebuah dugaan kasus korupsi yang terjadi di Kementan. Bahkan, dalam perbincangan tersebut, Firli diduga meminta dana dan hanya disanggupi oleh Mentan RI Syahrul Yasin Limpo sebanyak Rp 1 miliar yang telah ditukarkan ke dolar Singapura. 

Dana yang dimaksud itu, diminta Firli diduga ketika proses dugaan korupsi masih di tahap penyelidikan. Adapun dana Rp 1 miliar yang diduga diminta Firli itu turut dititipkan oleh SYL kepada ajudan Firli bernama Irwan.

BAP Saksi Ungkap SYL Minta Belikan Keris Emas, Harganya Fantastis

"Ajudan saya hanya satu orang, namanya kevin. Gak ada yang lain," ujar Firli Bahuri di gedung merah putih KPK, Kamis 5 Oktober 2023.

Firli menyebut memang dirinya rajin dalam melakukan olahraga. Terutama bulutangkis. Lantas, ia pun membantah kalau dirinya menerima dana Rp 1 miliar yang tekah ditukarkan ke dolar Singapura.

Pejabat Kementan Patok Urunan Rp30 Juta Demi Penuhi Keinginan SYL

"Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran saya, memang saya sering olahraga bulutangkis setidaknya dua kali seminggu. Tempat itu tempat terbuka," ucap Firli.

"Jadi saya kira tidak akan pernah ada hal-hal orang bertemu dengan saya atau ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dolar. Saya pastikan itu tidak ada. Bawanya satu miliar dolar itu banyak loh. Siapa yang mau ngasih uang 1 miliar dolar itu?," sambungnya.

Firli Bahuri Bantah Peras Kasus Korupsi di Kementan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membantah terkait adanya dugaan pemerasan yang dilakukannya terkait dengan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Hal tersebut dikatakannya demi menepis adanya pemerasan hingga dilaporkan ke Polda Metro Jaya.

"Tentu saya ingin katakan bahwa apa yang menjadi isu sekarang tentu kita juga harus pahami namun demikian kita juga menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak pernah dilakukan oleh pimpinan KPK," ujar Firli Bahuri di gedung merah putih KPK, Kamis 5 Oktober 2023.

Firli menjelaskan kalau belakangan ini memang banyak yang mengatasnamakan dirinya sekaligus lembaganya untuk menghubungi sejumlah menteri hingga anggota DPR RI. Namun, Firli mengaku tak pernah melakukannya.

"Beberapa kali terjadi penyalahgunaan foto, maupun picture yang mengatasnamakan, ada beberapa kali, mengatasnamakan pimpinan," kata Firli.

"Saya tidak tahu siapa yang melakukan itu dengan meminta segala sesuatu, pak ali sudah pernah menyampaikan waktu itu," bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya