Zulhas: Pasar Rakyat Urat Nadi Ekonomi Rakyat

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dokumentasi Kemendag

Jawa Tengah – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pasar tradisional akan selalu mendapatkan perhatian pemerintah karena merupakan urat nadi ekonomi rakyat.

BM PAN Sumatera Utara Dukung Zulkifli Hasan jadi Ketua Umum PAN Lagi

Hal ini disampaikan Zulhas saat melakukan ground breaking Pasar Banjarsari di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu 11 Oktober 2023.

"Pasar rakyat adalah urat nadi ekonomi rakyat. Oleh karenanya selalu dapat perhatian dari pemerintah," ujar Zulhas.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah)

Photo :
  • Dokumentasi Kemendag

Mendag yang juga Ketua Umum PAN itu menyebut era digital tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, para pedagang tradisional juga perlu beradaptasi dan meningkatkan kemampuan dalam jualan online.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

“Pasar tradisional itu jantungnya rakyat. Oleh karena itu memang kita (harus) meningkatkan kemampuan para pedagang, itu penting. (Pasar itu) ada dua, sekarang pasar offline (yang ground breaking), tapi ada juga yang online. Sebab digital tidak bisa dihindari,” ujar Zulhas. 

Mendag Zulkifli Hasan atau Zulhas

Photo :
  • Antara

Ia juga menyinggung Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang baru saja diterbitkan untuk mengatur penjualan online. 

“Jangan sampai yang dagang offline ada aturannya, yang online nggak ada aturannya. Yah tentu kalah (yang offline),” ujar Zulhas.

Lebih lanjut Zulhas menyoroti banjirnya barang impor yang turut merusak industri dalam negeri. Saat ini, kata Zulhas, pemerintah tengah menyusun aturan untuk memperketat masuknya barang impor.

“Ekosistem kita tata, nanti pedagang kita latih (agar) terampil, dan untuk lindungi industri (dalam negeri) dan UMKM. Justru (nanti) ekspornya kita tingkatkan dengan membuka pasar-pasar (ekspor) baru,” ujar Zulhas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya