Saut Situmorang Diperiksa Sebagai Ahli Kasus Pemerasan Pimpinan KPK ke Eks Mentan SYL

Saut Situmorang diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

Jakarta - Saut Situmorang memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Dia tiba sekira pukul 10.00 WIB. Saut bakal diperiksa sebagai saksi ahli. "Iya walaupun gak ahli-ahli banget lah. Tapi mungkin penyidik nganggep ahli ya, oke silahkan," ucap Saut kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, mantan Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019 tersebut yakin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bakal konsisten memberantas korupsi. Sehingga, dirinya yakin kasus ini bakal dituntaskan.

Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

"Saya pikir kalau yang dipertaruhkan pemberantasan korupsi di Indonesia, saya percaya Pak Kapolri dari statement-nya kelihatan ada upaya yang kali ini kita harus membuat badan anti korupsi, ada check and balance dari luar," ujar dia lagi.

Saut Situmorang

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Dewas Dipersilahkan Proses Etik Nurul Ghufron Kata Pimpinan KPK

Sebelumnya diberitakan, kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus bergulir.

Hari ini, Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap mantan Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019. Hal itu dibenarkan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak.

"Satu orang saksi dari eks Wakil Ketua KPK RI periode tahun 2015-2019," ujar dia kepada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menaikkan status kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam penanganan kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2021 ke penyidikan.

"Selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikkan status dari penyelidikan ke tahap penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Sabtu 7 Oktober 2023.

Tersangka Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bantahan Firli Bahuri

Dugaan pimpinan KPK yang melakukan pemerasan terhadap SYL dispekulasikan mengarah ke Firli Bahuri. Apalagi sempat beredar foto Firli dengan SYL di sebuah lapangan bulu tangkis.

Firli pun menjelaskan beredarnya foto pertemuan dirinya dengan SYL yang membuat publik geger. Foto tersebut beredar, setelah KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kementan era SYL.

Sementara, ada upaya laporan dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK di Polda Metro Jaya. Adapun SYL sudah diperiksa Polda Metro Jaya, beberapa hari lalu.

Firli Bahuri Terseret Dugaan Pemerasan Syahrul Yasin Limpo

Photo :
  • VIVA.co.id

Firli jelaskan, kalau pertemuan tersebut dilakukan sebelum dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terjadi. Dia menyebut, pertemuan itu dilakukan pada Maret 2022, setahun lalu.

"Pertemuan di lapangan bulutangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu, saudara Syahrul Yasin Limpo, terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022. Dan itupun beramai-ramai di tempat terbuka," ujar Firli dalam keterangannya, Senin 9 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya