Moeldoko: 4 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Beri Dampak Positif yang Signifikan

Rapat kerja kabinet Jokowi-Maruf Amin di Istana Negara
Sumber :
  • Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah memasuki tahun keempat periode kedua (2019-2024) pada Jumat, 20 Oktober 2023. Dalam empat tahun ini, Pemerintahan Jokowi dianggap berhasil melewati berbagai tantangan termasuk krisis akibat pandemi COVID-19.

Prabowo Pastikan Tak Ada Waktu Terbuang Sia-sia selama Masa Transisi Pemerintahan

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan Indonesia bukan cuma bertahan selama pandemi COVID-19 saja, tetapi juga telah mencapai kemajuan dan pembangunan yang sangat signifikan.

“Saat pandemi, kita bukan hanya menang tapi juga membuat lompatan-lompatan kemajuan dan pembangunan. Saat ini, Indonesia terus bertumbuh dan melaju,” kata Moeldoko melalui keterangannya pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Tidak Akan Ada Guncangan Politik dalam Transisi Jokowi kepada Prabowo, Menurut PAN

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara, Moeldoko membeberkan keberhasilan Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024, yakni pertumbuhan ekonomi yang kuat mencapai 5,3 persen. Menurut dia, pertumbuhan ini didukung oleh kinerja ekspor yang kuat dan ekonomi domestik yang stabil. 

Kata Prabowo Keberlanjutan Tetap Butuh Perbaikan

“Di sektor fiskal, kita juga berhasil mengembalikan defisit anggaran di bawah tiga persen dengan cepat (tahun 2022),” ujar mantan Panglima TNI ini.

Selain itu, Moeldoko melihat Indonesia juga telah melakukan lompatan dalam peningkatan nilai ekspor hasil tambang melalui kebijakan hilirisasi. Contohnya, kata dia, ekspor nikel yang mengalami lonjakan dari USD 0,65 juta pada 2017, menjadi USD 5,94 juta.

Kemudian, Moeldoko juga menjabarkan capaian positif Pemerintaha Jokowi-Ma’ruf di sektor investasi. Menurutnya, nilai investasi melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah yakni mencapai Rp1.207 triliun. “Ini karena kita telah melakukan transformasi tata kelola investasi dengan menyederhanakan regulasi, reformasi birokrasi, dan efisiensi logistik,” jelas dia.

Selanjutnya, kata Moeldoko, pemerintah juga menjalankan komitmen untuk melakukan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. Menurutnya, pembangunan desa digenjot agar jumlah desa tertinggal terus menurun. “Penurunannya sangat signifikan, dari 17.626 desa menjadi 6.749 desa,” ungkapnya.

Bukan cuma itu, Moeldoko mengatakan penciptaan lapangan kerja juga pemerintah telah melakukan perbaikan iklim investasi, dan mengembangkan program-program pendidikan dan pelatihan vokasi untuk mencetak tenaga-tenaga kerja unggul. Makanya, ia menilai kepemimpinan Jokowi dan Ma’ruf telah terlihat dampak positifnya bagi rakyat dan negara.

“Empat tahun kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi Indonesia,” katanya.

Dalam periode ini, negara ini tidak hanya bertahan, tetapi juga tumbuh dan maju dalam berbagai sektor, serta menciptakan landasan yang kuat untuk masa depan yang lebih cerah. “Berbagai capaian ini memberikan kita optimisme cita-cita menuju Indonesia Emas bisa dicapai,” kata Moeldoko.

Diketahui, rencananya Capaian Kinerja Pemerintah 2023 akan dibukukan, dan diluncurkan resmi di Hotel Indonesia pada Selasa, 24 Oktober 2023. Adapun, peluncuran buku akan dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, serta Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya