Moeldoko Beberkan Capaian Kinerja 2023 Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Moeldoko Dalam Acara Peluncuran Capaian Kerja 2023
Sumber :
  • VIVA/ Natania Longdong

Jakarta – Kantor Staf Presiden (KSP) menyampaikan laporan Capaian Kinerja 2023 pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

"Dalam laporan kali ini kita lebih tekankan pada semangat keuletan dan kegotongroyongan bangsa ini karena dengan itulah Indonesia bisa melewati semuanya (termasuk pandemi COVID-19)," kata Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko dalam peluncuran "Capaian Kinerja 2023" di Hotel Kempinski, Jakarta, pada Selasa, 24 Oktober 2023. 

Dalam laporan yang disusun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, dijelaskan juga mengenai pondasi yang dibangun pemerintah untuk menuju visi Indonesia maju. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin dalam acara Istana Berbatik.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Moeldoko membeberkan bahwa ada lima strategi yang dijalankan pemerintah untuk memperkuat pondasi Indonesia menuju negara maju, seperti pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, transformasi ekonomi, dan pembenahan regulasi. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Selain itu, selama sembilan tahun terakhir stabilitas kita terjaga dengan baik karena tanpa stabilitas yang baik, jangan bermimpi ada investasi masuk. Perlu kita jaga terus agar kepercayaan publik dan dunia internasional tetap terjaga," ucap Moeldoko. 

Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 di Bali, Indonesia.

Photo :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Sementara dalam bidang diplomasi dan politik luar negeri, Indonesia disebut hadir dalam peta dunia melalui kepemimpinan Presiden Jokowi dalam forum G20, ASEAN, AIS, serta perannya di Dewan Keamanan PBB serta Dewan Hak Asasi Manusia PBB. 

"Semua memberikan indikasi jelas bahwa negara lain menunjukkan apresiasinya dan percaya kepada Indonesia," pungkas Moeldoko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya