Perbaikan Perlintasan Rel Kereta Api, Jalan Pantura Kaligawe Semarang Berpotensi Macet 2 Minggu

Suasana padat di perlintasan rel KA Jalan Pantura Kaligawe Semarang.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

Semarang – PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang akan melakukan perbaikan jalur rel kereta api pada perlintasan sebidang di Jalan Kaligawe Semarang. Perbaikan itu akan berjalan selama 15 hari, mulai Senin 6 November sampai dengan Senin 20 November 2023.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan, bahwa perlintasan sebidang yang berada di Jalan Kaligawe tersebut, akan dilakukan pengangkatan dan peninggian konstruksi rel setinggi 15 sentimeter, sekaligus untuk meningkatkan keselamatan perjalanan KA, khususnya di jalur rel yang berpotongan dengan jalan raya.

"Untuk menyamakan geometri pada kanan kiri jalur rel yang berada pada perlintasan sebidang tersebut, sekaligus melakukan perawatan konstruksi rel yang selama ini sering dilalui kendaraan,” jelas Franoto, Sabtu 4 November 2023.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Sejumlah pengendara melewati perlintasan sebidang rel kereta api di Semarang.

Photo :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno.

Pekerjaan perbaikan perlintasan sebidang yang dilakukan meliputi pembongkaran aspal yang berada di kanan kiri rel yang dilanjutkan perbaikan geometri jalur. Setelah jalur dinyatakan stabil, kemudian akan dilakukan pengaspalan kembali.

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Selama proses perbaikan, KAI bersama pihak kepolisian setempat akan melakukan pola rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem buka tutup jalan raya.

"KAI menyampaikan permohonan maaf atas penerapan sistem buka tutup ini, kami mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan raya yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati-hati. Karena selain terdapat tumpukan material, juga terdapat lalu lalang para pekerja proyek,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya perbaikan ini diharapkan dapat menciptakan kondisi operasi kereta api yang aman, nyaman dan selamat, sekaligus sebagai kesiapan KAI dalam menghadapi musim hujan serta masa angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di wilayah Daop 4 Semarang.

Laporan: tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya