Istana Bantah Tudingan Jokowi Percepat Ganti Panglima TNI untuk Kepentingan Politik

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, membantah adanya tudingan yang menyebut Presiden Jokowi sengaja mempercepat Pergantian Panglima TNI Laksamana Yudo Margono demi kepentingan politik di Pemilu 2024. Moeldoko menjelaskan bahwa pergantian Panglima TNI bisa dilakukan kapan saja.

Soal Urusan Ini Ganjar Pranowo Sejalan dengan Moeldoko

"Sebenarnya Pak Yudo ini kan pada November ini berakhir masa tugasnya ya di tentara, itu tradisinya begini, kalau lahirnya pada bulan November, biasanya pensiunnya itu di pensiunkan pada 1 Desember, itu tradisi yang berjalan," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 9 November 2023.

"Tetapi untuk pergantian Panglimanya bisa saja Kapan saja, sesuai dengan kebutuhan. Nah kebetulan Pak Yudo ini nanti seandainya ada pergantian pada bulan November itu nggak ada masalah," tambahnya.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani


Source : VIVA/M Ali Wafa

Moeldoko mengatakan, saat dirinya menjadi prajurit TNI, dia pensiun tepat pada saat tanggal kelahirannya yakni pada tanggal 8 Juli. Namun pergantiannya sebagai Panglima TNI baru dilakukan pada tanggal 1 Agustus.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

"Jadi enggak ada percepatan, enggak ada upaya apa, tetek bengek memang sudah waktunya begitu. Jadi pada bulan November ini, bisa saja Pak Yudo diganti sebelum tanggal lahir atau setelah tanggal lahirnya. Enggak ada masalah," kata Moeldoko

Dia juga meminta masyarakat Indonesi tak berspekulasi atau terprpvokasi isu yang tidak benar. "Jadi enggak ada tendensi apapun, ini masyarakat Indonesia jangan berimajinasi yang berlebihan lah ya, karena itu hal yang secara tradisi di TNI berjalan dengan baik," ujarnya

Dia menjamin tak ada kepentingan Politik dibalik percepatan penggantian Panglima TNI. "Apakah ada intensi atau kepentingan politik, enggak ada, enggak ada. Murni saya pastikan itu murni itu memang masanya sudah pas seperti itu," ujar Moeldoko.

Sebagaimana diberitakan, Pengamat masalah militer, Connie Rahakundini Bakrie, merasa ada yang aneh dengan cepatnya pergantian Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Connie berpendapat, saat menjabat sebagai Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono memiliki rekam jejak dan legasi yang bagus untuk TNI. 

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono

Photo :
  • Puspen TNI

Sebab itu dia heran, pergantian panglima TNI seolah dipercepat, padahal masih ada waktu satu bulan, sebelum pensiun.

"Nah, ini buat saya aneh, kenapa musti dipercepat?" Connie balik bertanya, di Media Center Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Senin 30 Oktober 2023.

Sekadar informasi, Panglima TNI Yudo Margono, lahir pada tanggal 26 November 1965. Saat ini, Yudo belum genap berusia 58 tahun yang merupakan usia pensiun seorang Panglima TNI.

Namun, Presiden Jokowi telah mengajukan penggantinya ke DPR sejak akhir oktober lalu. Jokowi menunjuk Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya