Saldi Isra Ungkap Namanya Sempat Masuk Kandidat Calon Ketua MK Gantikan Anwar Usman

Hakim Konstitusi Saldi Isra saat jumpa pers di Mahkamah Konstitusi
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Saldi Isra mengaku namanya sempat masuk dalam kandidat calon ketua MK menggantikan Anwar Usman. Nama itu muncul dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) dalam pemilihan Ketua MK pada Kamis, 9 November 2023 pagi.

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Menurut Saldi, dari sembilan hakim dalam RPH itu, sebanyak tujuh di antaranya tidak bersedia menjadi Ketua MK. Sehingga muncul dua nama sebagai kandidat yakni dirinya dan Suhartoyo.

"Masing-masing hakim konstitusi sebut nama, siapa yang diinginkan jadi Ketua Mahkamah Konstitusi, bergilir, sembilan orang. Saya yang pimpin sidang. Akhirnya pertemuan tadi memunculkan dua nama, Saldi Isra dan Suhartoyo," ucap Saldi dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis, 9 November 2023. 

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Suhartoyo (kanan) terpilih jadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Setelah itu, Saldi Isra dan Suhartoyo pun diberikan waktu untuk berdiskusi bersama. Dalam diskusi tersebut, keduanya menyepakati bahwa Ketua MK akan dijabat oleh Suhartoyo.

Jadi Prioritas Nasdem di Pilkada 2024, Anies: Kita Rehat Dulu

"Saya tetap jalankan tugas sebagai wakil ketua (MK)," ujarnya.

Saldi mengarakan, pemilihan Suhartoyo sebagai Ketua MK yang baru berdasarkan musyawarah mufakat. Dia berharap, pemilihan ini menjadi dorongan dan refleksi bagi seluruh hakim konstitusi untuk terus memperbaiki marwah MK menjadi lebih baik.

“Mohon doa restu bersama agar MK bisa menapak secara pasti mulai hari ini, untuk memperbaiki diri dan mendapatkan dukungan publik dalam menghadapi situasi ke depan terutama sengketa pemilu,” katanya.

Suhartoyo Terpilih Jadi Ketua MK

Sebelumnya diberitakan, Hakim konstitusi Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang dipecat lantaran melakukan pelanggaran etik berat. 

"Yang disepakati dalam hasil kami berdua untuk menjadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suharto dan saya tetap menjalankan tugas sebagai Wakil Ketua (MK)," kata hakim konstitusi, Saldi Isra dalam konferensi pers di Gedung MK, Kamis, 9 November 2023.

Saldi Isra menyebut keputusan Suhartoyo menjadi Ketua MK ini juga disepakati tujuh hakim konstitusi lainnya dalam rapat permusyawaratan hakim (RPH) yang digelar sejak pagi tadi. Ia menyebut keputusan ini merupakan hasil dari musyawarah mufakat secara bersama.

"Itulah wujud musyawarah mufakat kami yang dilakukan RPH," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya