KH Anwar Iskandar Resmi Jadi Ketua MUI, Disahkan Ma'ruf Amin

Ketua Umum MUI, Anwar Iskandar.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito-istimewa

Jakarta – KH Anwar Iskandar resmi menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Jumat, 17 November 2023. Anwar menggantikan Ketua MUI sebelumnya yakni KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Berdasarkan paripurna MUI yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pertimbangan MUI Ma'ruf Amin di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat 17 November 2023, Anwar diresmikan sebagai Ketua Umum MUI.

"Sekarang melalui penetapan sidang paripurna, KH Anwar Iskandar sah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia yang baru," ujar Ma'ruf Jumat, 17 November 2023.

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

Ma'ruf menjelaskan keberadaan Ketua Umum MUI sangat penting lantaran jabatan itu strategis dan mengomandoi 30 komisi dan bidang yang ada di bawahnya.

"Kemarin juga berjalan tetapi tidak ada komando, tidak ada pimpinan eksekutif," ujarnya.

Terima Maaf Pendeta Gilbert, MUI: Dia Tidak Ada Niat Menghina Islam

Ma’ruf berharap Anwar Iskandar nantinya bisa membawa MUI menyelesaikan masalah keumatan dan berperan penting dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

"Dan diharapkan dengan sudah terbentuknya ini jalannya MUI sekarang lebih cepat. Saya ibaratkan jalanya itu whoosh seperti kereta cepat Jakarta-Bandung," ujarnya.

Sementara itu Anwar Iskandar telah ditetapkan sebagai ketua umum MUI dalam rapat pleno tertutup pada 15 Agustus 2023 lalu dengan menggantikan Miftachul Akhyar yang mundur karena fokus menjabat Rais Aam Nahdlatul Ulama.

Namun baru sekarang ini Anwar Iskandar menjabat karena sebelumnya harus mendapat pengesahan dalam rapat paripurna dari Dewan Pimpinan MUI dan Dewan Pertimbangan MUI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya