Fantastis, Jumlah Perputaran Uang Ghisca Debora si Penipu Tiket Coldplay Sampai Rp40 Miliar

Tersangka kasus dugaan penipuan tiket Coldplay Gischa Debora.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

Jakarta - Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Ivan Yustiavandana menyebut jumlah perputaran uang Ghisca Debora Aritonang nyaris mencapai Rp 40 miliar di beberapa rekening miliknya, sepanjang tahun 2023 sampai bulan November sebelum dirinya menjadi tersangka aksi tipu-tipu tiket konser Coldplay.

Waspada, Masyarakat Jangan Tertipu Ditawarkan Berangkat Haji Gunakan Visa Non Haji

“(Transaksi) Ada di beberapa rekening, Tahun 2023 saja perputarannya hampir Rp40 miliar,” katanya kepada wartawan, Selasa 21 November 2023.

Pada rentang waktu yang berkaitan dengan penjualan tiket Coldplay, yaitu  bulan Mei saat awal pembelian tiket sampai konser digelar bulan November, aliran transaksinya mencapai Rp30 miliar. Namun, dirinya tak bisa merinci soal transaksi dari beberapa rekening Ghisca.

Juru Parkir Liar Minta Bayar, Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Lapor: Masuk Ranah Pidana

Terduga penipu tiket konser Coldplay

Photo :
  • Tangkapan layar

“Untuk Mei sampai dengan November saja di atas Rp30 miliar. Artinya kerugian masyarakat luar biasa besar memang,” ujarnya.

Bakal Turun Tangan Tertibkan Jukir Liar di Jakarta, Kombes Latif: Kalau Maksa Itu Pidana

Meski begitu, Ivan mengatakan kalau beberapa rekening yang dipunya Ghisca telah diblokir oleh pihak Kepolisian.

“Ada beberapa (rekening). Detail tidak bisa saya sampaikan ya. Kami sudah bekukan rekening yang bersangkutan sejak minggu lalu,” katanya lagi.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Pusat mencokok Ghisca Debora Aritonang yang melakukan penipuan tiket konser Coldplay hingga meraup uang Rp15 miliar. Penangkapan merujuk lima laporan polisi yang masuk.

Dari total lima laporan yang diterima Polres Jakpus, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar Polisi Susatyo Purnomo Condro mengatakan kerugian total mencapai Rp5,1 miliar. “Ada total kerugian dari semua pelapor Rp5,1 miliar atau 2.268 tiket,” kata dia kepada wartawan, Senin 20 November 2023.

Untuk diketahui, nama Ghisca Debora Aritonang tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, wanita ini dituding melakukan penipuan tiket konser Coldplay yang telah di gelar pada Rabu, 15 November 2023 di Stadion Gelora Bung Karno.

Tak tanggung-tanggung, Gischa Deborah meraup untung hingga Rp15 miliar dalam aksinya menipu calon penonton konser Coldplay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya