Jokowi: Sail Teluk Cenderawasih Bisa Kenalkan Potensi Maritim dan Wisata Papua

Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • Dok Setkab.

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bahagia bisa menghadiri acara puncak Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 di Biak Numfor, Papua pada Kamis, 23 November 2023. Menurut dia, kegiatan ini bisa memperkenalkan potensi maritim Indonesia, khususnya di Tanah Papua.

Terpopuler: Kesaksian Mengejutkan Kematian Satpam, Manajer Resto Hotman Paris Bawa Kabur Uang

“Saya sangat gembira sekali, saya sangat senang sekali hari ini bisa hadir di tempat yang sangat indah ini. Kita harus sadar bahwa dua pertiga Indonesia ini adalah air, 2/3 Indonesia ini adalah samudera laut yang isinya itu air,” kata Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi harap kegiatan Sail Teluk  Cenderawasih ini dapat memperkenalkan sumber daya alam yang ada di Papua.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

“Di puncak acara Sail Teluk Cenderawasih 2023 ini akan memperkenalkan potensi bahari, potensi maritim kita, potensi pariwisata kita, potensi sosial budaya kita,” ujarnya.

Sebagai beranda Indonesia di kawasan Pasifik, kata dia, Papua memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan Teluk Cendrawasih merupakan kawasan dengan ekosistem laut paling kaya di Indonesia seperti surganya terumbu karang, surganya biota laut.

Jokowi dan Gibran Tak Dianggap Kader Lagi oleh PDIP, Qodari: Kesalahan Fatal

Presiden Jokowi menekan tombol sirine tanda diresmikannya operasional Bandara Siboru Fakfak, Papua Barat dan Bandara Douw Aturure Nabire, Papua Tengah, bertempat di Bandara Siboru Fakfak.

Photo :
  • Antara

“Kita harapkan dengan adanya Sail Teluk Cendrawasih budaya, tarian, musik, produk-produk lokal Papua dapat diperkenalkan ke level nasional, bahkan ke level internasional, ke level global. Ini akan mendorong jumlah wisatawan, akan mendorong event kreator, akan mendorong minat investor untuk datang dan memajukan Tanah Papua,” ujarnya.

Maka dari itu, Jokowi berpesan agar event yang sangat baik ini bisa diteruskan dan ditingkatkan kreativitasnya, inovasinya serta keterlibatan masyarakat dan UMKM. “Sehingga, masyarakat di Papua bisa merasakan manfaatnya dari tindak lanjut setelah event ini berakhir,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya