Irjen Abdul Karim Resmi Jabat Kapolda Banten Gantikan Irjen Rudy Heriyanto

Sertijab Kapolda Banten dari Irjen Pol Rudy Heriyanto ke Irjen Pol Abdul Karim
Sumber :
  • Dokumentasi Polda Banten

Banten - Jelang massa kampanye Pemilu 2024, Kapolda Banten resmi diganti. Sebelumnya jabatan Kapolda Banten diduduki oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto, kini jabatan itu dipegang oleh Irjen Pol Abdul Karim. 

AKBP Syukur: Situasi Paniai Kondusif Usai Ada Serangan dari OPM

Sebagaimana diketahui, Kampanye Pileg dan Pilpres 2024 akan dimulai pada Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi, dalam rangka meningkatkan kinerja, promosi dalam sistem pembinaan karier, tour of duty and tour of area, dan dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pemilu secara awal," ujar Kombes Pol Didik Hariyanto, Kabid Humas Polda Banten, dalam keterangan resminya, Jumat, 24 Desember 2023.

Sidang Praperadilan, Panji Gumilang Minta Hakim Batalkan Status Tersangka TPPU

Ilustrasi Polri.

Photo :
  • Istimewa

Irjen Pol Rudy Heriyanto menjabat sebagai Kapolda Banten sejak 05 Januari 2021 dan akan ditugaskan keluar struktur Polri. Sedangkan Banten tidak asing bagi Irjen Pol Abdul Karim.

Brigjen Yusri Sebut Pelat Khusus ZZ Tak Kebal Ganjil Genap Kecuali Dikawal

Jenderal bintang dua itu pernah bertugas di Polda Banten sebagai Ditreskrimsus pada 2017-2019. Kemudian menjabat sebagai Kapolres Metro Tangerang yang masih masuk kedalam Provinsi Banten, pada 2019.

"Irjen Pol Rudy Heriyanto menjabat Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021 dan mendapat jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktural, dan Irjen Pol Abdul Karim yang sebelumnya menjabat sebagai Karokorwas PPNS Bareskrim Polri diangkat sebagai Kapolda Banten," terangnya.

Sertijab Kapolda Banten dari Irjen Pol Rudy Heriyanto ke Irjen Pol Abdul Karim

Photo :
  • Dokumentasi Polda Banten

Pelantikan dan sertijab Kapolda Banten dilakukan pada Jumat siang, 24 November 2023, sekitar pukul 13.00 wib, di gedung Rupatama Mabes Polri. Pelantikan dan sertijab dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sekitar pukul 13.00 wib, Kapolri memimpin serah terima jabatan Kapolda Banten," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya