Marco Karundeng Diduga Jadi Provokator Ricuh, Ini 5 Fakta Menarik Bentrok di Kota Bitung

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut
Sumber :
  • Tangkapan layar media sosial

Bitung - Sosok Marco Karundeng tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial setelah dirinya diduga menjadi dalang kerusuhan antara dua kelompok pro-Palestina dan Pro-Israel di Kota Bitung Sulawesi Selatan.

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

Banyak yang menduga, Marco Karundeng menjadi dari Organisasi Masyarakat (Ormas) Laskar Manguni telah memprovokasi hingga terjadi bentrok dua kubu pendukung Palestina dan Israel:

Berikut beberapa fakta Marco Karundeng diduga dalang kerusuhan di Kota Bitung, dilansir berita Siap Viva:

Kemalangan di Gaza, Warga Palestina Minum Air Tidak Layak Konsumsi

1. Polisi Tetapkan 9 Tersangka

Pelaku bentrok di Bitung, Sulut ditangkap polisi.

Photo :
  • ANTARA
Soal Foto Kopi Pro Israel, Zita Anjani Singgung Boleh Mengingatkan Tapi Tidak Menghakimi

Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Polres Bitung berhasil menangkap dua tersangka tambahan terkait peristiwa bentrokan dua kelompok di Kota Bitung pada Sabtu lalu, 25 November 2023.

"Kami akan memperbarui jumlah tersangka. Dari tujuh tersangka sebelumnya yang telah diamankan, hingga (Senin) malam ini, bertambah dua tersangka lagi, yaitu, OK dan IG. Keduanya diduga sebagai pelaku di TKP 1 dengan korban atas nama Anto," ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Iis Kristian didampingi Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol Gani Siahaan, dilansir dari humas Polri Senin 27 November 2023.

2. Marco Karundeng Diduga Jadi Provokator

Laskar Manguni bakar bendera Palestina di Kota Bitung, Sulut

Photo :
  • Tangkapan layar media sosial

Banyak netizen yang mengungkapkan bahwa oknum ormas Adat Pasukan Manguni menjadi provokator terjadinya kerusuhan di Kota Bitung yaitu Marco Karundeng.

Selain itu juga, publik meminta Marco Karundeng untuk memberikan klarifikasi terkait peran dalam kasus ini serta dituntut untuk segera meminta maaf.

3. Kronologi

Wali Kota Bitung Maurits Mantiri bersama Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto bersama jajarannya saat jumpa pers, di Bitung.

Photo :
  • Antara

Pihak kepolisian membeberkan beberapa kronologi bentrok massa bela Palestina dan ormas pro Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Bahwa terjadinya bentrok tersebut karena adanya kesalahpahaman antar dua kelompok.

"Awalnya ada acara yang digelar salah satu LSM sedang melaksanakan HUT yang ke-12. Mereka itu LSM masyarakat adat yang tengah menggelar acaranya di GOR Dua Saudara," ungkap Tommy kepada wartawan Sabtu malam 26 November 2023.

4. Sudah Kondusif

Kapolres Bitung, Ajun Komisaris Polisi Tommy Souisa menegaskan kondisi Kota Bitung sudah kondusif setelah bentrokan yang melibatkan dua massa yang dinarasikan antara massa pro Palestina dan pro Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara.

"Ya untuk saat ini kondisi di Kota Bitung sendiri sudah aman kondusif terkendali," ujarnya kepada wartawan, Senin, 27 November 2023.

5. Pesan Wali Kota Bitung

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, menyatakan bahwa saat ini Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), berada dalam keadaan kondusif dan aman.

"Marilah kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya