Terpilih Lagi Jadi Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso Klaim Pemilihan Demokratis

Budi Waseso kembali terpilih jadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

Aceh – Komjen Pol (Purn) Budi Waseso kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka masa bakti 2023-2028 saat Munas ke 11 di Balee Meuseuraya Aceh, di Banda Aceh, Senin, 4 Desember 2023.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

“Ini proses sudah demokrasi yang luar biasa. Kalau di Pramuka memang seperti ini, keputusan akhir saya menjadi calon tunggal, dan diutus jadi Ketua Kwarnas untuk masa bakti 2023-2028,” kata Budi Waseso kepada wartawan.

Ia menyebutkan, awalnya kandidat calon Ketua Kwarnas berjumlah lima orang, namun saat seleksi dan pembahasan di Komisi D dalam munas tersebut, ia terpilih menjadi calon tunggal.

Budi Waseso dan Kwarda Pramuka Se-Indonesia Minta Nadiem Revisi Permendikbud No 12

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso datang ke Istana Merdeka.

Photo :
  • Biro Pers Media dan Informasi Setpres

Di Pramuka, kata dia ada ketentuan-ketentuan yang harus dimiliki oleh calon Ketua Kwarnas dan juga akan diseleksi lagi sesuai aturan dan peraturan yang ada. Sehingga dalam hasil seleksi itu, namanya masuk jadi calon tunggal.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

“Tapi saya kan dicalonkan, makanya itu proses dari teman-teman di komisi D dari hasil seleksi itulah pada akhirnya saya secara aklamasi terpilih menjadi calon tunggal,” ujarnya.

Ia juga membantah adanya intervensi dalam munas kali ini untuk meloloskan dirinya jadi calon tunggal. Menurutnya, proses pemilihan yang dilakukan pada Munas kali ini sudah cukup demokrasi.

“Soal yang lainnya kenapa, ya saya kira itu demokrasi. yang lain-lain alasannya kenapa ya disitulah demokrasi. Semua sudah disampaikan, inikan musyawarah mufakat,” katanya.

Diketahui, selain Budi Waseso, ada dua calon Ketua Kwarnas sebelumnya yang muncul, mereka adalah Eris Herryanto dan GKR Mangkubumi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya