129.923 Personel TNI-Polri Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Kapolri kunjungan ke Papua
Sumber :
  • VIVA/Aman Hasibuan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan ada beberapa hal yang menjadi catatan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait persiapan pengamanan perayaan Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Tentu, kata dia, Polri melakukan beberapa kajian untuk mempersiapkan langkah-langkah di lapangan.

DPR Minta Kasus TPPU Panji Gumilang Segera Diusut Tuntas

“Tentunya ada kegiatan pergeseran masyarakat yang akan melaksanakan libur natal dan tahun baru kurang lebih 107,6 juta masyarakat. Ini harus kita kelola dengan baik, sehingga dalam proses perjalannya betul-betul bisa berjalan aman dan lancar,” kata Sigit di Kompleks Kepresidenan pada Senin, 11 Desember 2023.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • dok Polri
Detik-detik Satgas Tempur TNI Pukul Mundur Gerombolan OPM di Distrik Homeyo

Oleh karena itu, kata Sigit, Polri tentunya mempersiapkan operasi untuk melaksanakan kegiatan pengamanan dan pengawalan terkait dengan rangkaian kegiatan natal dan tahun baru yakni melaksanakan Operasi Lilin.

“Kita laksanakan mulai dari tanggal 22 Desember-2 Januari 2024, di mana kegiatannya melibatkan kurang lebih 129.923 personel, baik Polri TNI maupun seluruh stakeholder terkait,” jelas dia.

Tinjau Sejumlah Wilayah, Komjen Fadil Imran Pastikan Kesiapan Polri Amankan KTT WWF 2024 di Bali

Menurut dia, Polri memiliki tugas untuk melaksanakan pengamanan terkait kegiatan natal baik malam 25 Desember 2023 atau tanggal lain yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan perayaan natal dan ibadah. Oleh karena itu, personel Polri dipersiapkan termasuk bagaimana melakukan sterilisasi terhadap tempat-tempat ibadah yang akan digunakan natal.

“Tentunya memfasilitasi manakala di suatu tempat orang yang akan melaksanakan atau umat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah terganggu karena tidak ada tempat, maka kewajiban dari Forkompimda, Pemerintah Daerah untuk memfasilitasi,” ungkapnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (tengah) di Mabes Polri.

Photo :
  • Viva.co.id/ Yeni Lestari

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran Kementerian/Lembaga untuk melakukan persiapan dengan matang untuk perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 11 Desember 2023.

“Ini rutinitas, tapi apapun harus tetap direncanakan, harus dipersiapkan yaitu natal dan tahun baru,” kata Jokowi.

Oleh karenanya, Jokowi menginstruksikan kepada Menteri Koordinator Kabinet Indonesia Maju agar disiapkan betul-betul untuk pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru 2024. Terutama, kata dia, transportasi dan bahan pokok.

“Pak Menko ini agar disiapkan betul-betul utamanya yang berkaitan dengan transportasi, yang berkaitan dengan pasokan dan distribusi bahan-bahan pokok. Karena dari perhitungan survei terakhir, ada kurang lebih nanti 107 juta pergerakan orang dalam natal dan tahun baru,” ujarnya.

Disamping itu, Jokowi juga mengingatkan kepada jajaran kementerian/lembaga terkait realisasi anggaran tahun 2023. Menurut dia, hal ini harus terus diingat target yang diberikan minimal 95 persen.

“Saya ingin mengingatkan pada kita semuanya mengenai realisasi anggaran tahun 2023. Ini tinggal berarti tinggal 2 minggu, agar betul-betul diikuti. Karena target saya realisasi minimal 95 persen. Jadi tolong harian ditanyakan ke Dirjen, ditanyakan ke Deputi agar target itu tidak meleset. Realisasi anggaran tahun 2023,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya