RS Muji Rahayu Surabaya Beberkan Temuan Potongan Payudara Pasiennya

Polisi Menemukan Potongan Payudara Wanita di Tempat Wisata
Sumber :
  • TVOneNews/Zainal Arifin

Surabaya - Rumah Sakit (RS) Muji Rahayu buka suara terkait kasus temuan potongan payudara, yang belakangan diketahui milik pasiennya penderita kanker kelahiran Nusa Tenggara Timur berinisial MLA. Di rumah sakit tersebut MLA menjalani operasi pemotongan bagian dada tubuh perempuan tersebut.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Juru bicara RS Muji Rahayu, Renti Dwi Widianing, menjelaskan, setelah proses pengangkatan payudara milik MLA yang terpapar kanker, pihaknya memberikan edukasi dan menyarankan agar si pasien bersedia memeriksa potongan payudara itu untuk diuji laboratorium.

Polisi Menemukan Potongan Payudara Wanita di Tempat Wisata

Photo :
  • TVOneNews/Zainal Arifin
Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Hal itu dilakukan untuk mengetahui tingkat keganasan kanker yang diderita MLA. Namun, pihak keluarga pasien keberatan sehingga potongan payudara yang diamputasi tersebut diserahkan ke pihak pasien. Menurutnya, itu sudah sesuai SOP.

"Karena pasien itu merasa ekonominya [tidak mampu] sehingga tidak dilanjutkan pemeriksaan," kata Renti di Markas Kepolisian Sektor Benowo, Senin, 11 Desember 2023.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Dia menambahkan, organ tubuh hasil amputasi adalah hak pasien. Apabila pihak pasien meminta, maka rumah sakit wajib menyerahkan. Saat itu, lanjut Renti, RS Muji Rahayu mengira MLA akan memeriksakan potongan payudaranya ke rumah sakit lain. 

"Karena itu hak pasien, kita tidak bisa menahan sudah ada di SOP seperti itu," tandas Renti.

Sementara itu, DAP, suami dari MLA, mengaku tidak tahu jika aksi membuang potongan payudara hasil operasi adalah pelanggaran. Sebetulnya, saat diminta, pihak rumah sakit sudah mengarahkan agar potongan payudara itu dikuburkan.

Namun, karena kebingungan maka potongan payudara itu dibuang ke rawa-rawa kawasan wisata Adventure Land Romokalisari, Kecamatan Benowo, Surabaya. "Tidak punya alat untuk mengubur, karena tinggal di kos-kosan," kata DPA.

Potongan payudara itu akhirnya dibuang DAP ke rawa-rawa kawasan wisata Adventure Land Romokalusari pada Rabu, 6 Desember 2023. Potongan payudara itu dibungkus plastik, ditambahi paving sebagai pemberat agar tidak mengambang ke permukaan air.

Namun, pada Kamis, 7 Desember 2023, beberapa bocah yang tengah mencari ikan di dermaga sekitar menemukan bungkusan tersebut. Betapa kagetnya mereka ketika dibuka ternyata potongan payudara. Polisi menelusuri pemiliknya berdasarkan stiker tertulis MLA yang menempel di bungkus payudara itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya