Timnas AMIN Bantah Dampingi Komika Lampung Aulia Rakhman

Komika Aulia Rakhman ditetapkan tersangka oleh Polda Lampung.
Sumber :
  • tvOne/ Pujiansyah (Lampung)

Lampung – Tim Kampanye Daerah (TKD) Provinsi Lampung dari Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1, Anies Rasyid Baswedan – Muhaimin Iskandar (Amin), secara tegas menyatakan telah mengadakan rapat internal terkait dugaan penistaan agama yang melibatkan Komika Aulia Rakhman (AR) yang kasusnya viral di media sosial.

Surya Paloh Blak-blakan Ungkap Alasan Tak Hadiri Acara Pembubaran Timnas Amin

Noverisman Subing, Ketua Tim Pelaksana Daerah (TPD) Pasangan Capres Amin, mengonfirmasi bahwa TKD telah mengadakan rapat dan mencapai beberapa kesepakatan pada Senin sore (11/12/2023).

Ketua Tim Pelaksana Daerah (TPD) Lampung AMIN Noverisman Subing

Photo :
  • Pujiansyah (Lampung)
Ini Alasan Napoleon Bonaparte Nongol di Acara Pembubaran Timnas Amin

"Kami sudah menggelar rapat terkait permasalahan ini dan telah mencapai beberapa kesepakatan," ujar Noverisman Subing pada Selasa (12/12/2023).

Noverisman Subing, bersama Rahmad Husen dan Agus Kurniawan, menegaskan bahwa apa yang disampaikan oleh Komika Aulia Rakhman di luar kesepakatan dengan panitia.

Sekjen Nasdem Ungkap Alasan Surya Paloh Tak Hadir di Acara Pembubaran Timnas Amin

"Pertama-tama, apa yang disampaikan oleh Komika Aulia Rakhman selama kunjungan Capres Anies ke Lampung di Café Bento tidak sesuai kesepakatan dengan panitia acara. Materi yang disampaikan oleh Komika Aulia Rakhman melanggar arahan yang telah dijelaskan oleh TKD. Yang paling penting, TKD Lampung merasa sangat kecewa dengan materi yang disampaikan dalam pertunjukan tersebut," terangnya.

Noverisman Subing menyimpulkan dari rapat TKD bahwa tidak ada keterkaitan antara materi yang disampaikan oleh Aulia Rakhman dengan Timnas/TKD/panitia yang berhubungan dengan pasal penodaan agama.

"Kami merasa sangat kecewa dengan materi yang disampaikan, dan ini adalah kesalahan murni dari Komika AR," tandasnya.

Menanggapi aspek pendampingan hukum, Legislator PKB ini mengungkapkan bahwa Tim Hukum AMIN hanya memberikan pendampingan yang berkaitan dengan keanggotaan Timnas maupun TKD.

"Tim advokasi hukum kemungkinan akan memberikan pendampingan dengan panitia, seperti yang dilakukan oleh pihak panitia yang telah menghubungi dan memberikan briefing kepada Komika AR agar tidak menggunakan kata-kata berbau SARA dan melanggar hukum lainnya. Panitia sebelumnya sudah memberikan briefing dan peringatan kepada yang bersangkutan," jelasnya.

Aulia Rakhman Komika Asal Lampung diduga Lecehkan Nama Muhammad

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Berkaitan dengan pernyataan jubir Timnas, Billy David, yang sempat menyebut akan memberikan bantuan hukum, Noverisman Subing menegaskan bahwa bantuan hukum dimaksud ditujukan kepada panitia, bukan kepada Aulia Rakhman.

"Jika ada yang mengatakan bahwa Timnas akan mendampingi Aulia Rakhman, itu bukan pernyataan resmi Timnas. Mungkin itu adalah pernyataan secara pribadi, dan kami akan menyampaikan klarifikasi karena jelas bahwa Tim Hukum Timnas bertugas untuk mendampingi keanggotaan Timnas dan TKD saja," pungkasnya. (Pujiansyah/Lampung)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya