TKN Pastikan Prabowo Lanjutkan Program Presiden Jokowi, Food Estate Termasuk

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto
Sumber :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, akan meneruskan capaian-capaian yang telah diraih oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo. Termasuk diantaranya adalah program Food Estate, yang disiapkan untuk ketahanan pangan.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

"Yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi itu akan diteruskan, terutama program yang memang sebenarnya butuh langkah strategic ya seperti Food Wstate," kata anggota Dewan Pakar TKN, Muhammad Sirod, Jumat, 15 Desember 2023.

Presiden Jokowi Meninjau Food Estate di Kabupaten Wonosobo Jateng

Photo :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden
Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Sirod menerangkan, food estate diperlukan agar masyarakat memiliki persediaan pangan yang cukup, terutama pada saat krisis ataupun genting. Ini berkaca seperti ketika dunia dan Indonesia dilanda pandemi COVID-19 pada 2020 hingga 2021.

Dia mencontohkan beberapa food estate yang dipandang berhasil dikelola oleh Presiden Jokowi. Salah satunya yakni pertanian di Karawang.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

"Karawang sudah jadi lumbung pangan untuk nasional dan itu contoh konkret yang berhasil," ujarnya.

Di satu sisi, Sirod memaklumi banyak pihak yang mengecam program tersebut lantaran dianggap merusak lingkungan seperti penebangan dan pemanfaatan lahan untuk membangun lahan food estate. Kendati demikian, Sirod menekankan bahwa kebutuhan akan terpenuhi pangan masyarakat, itu jauh lebih penting.  

Dikatakannya, Prabowo juga bakal menurunkan banyak ahli di bidang pertanian agar pembangunan food estate selaras dengan perlindungan lingkungan.

"Bukan berarti berniat merusak lingkungan, tetapi kita butuh makan dan harus membuka lahan tentu dengan teknologi pertanian," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya