Kelola Lingkungan Hidup Dengan Baik, 8 Kepala Dinas Raih Penghargaan Green Leadership

Wapres Maruf serahkan Anugerah Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin menyerahkan secara langsung penghargaan Anugerah Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah kepada 3 Provinsi Terbaik dan 5 Kabupaten/Kota di Hotel Bidakara Jakarta. Anugerah Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian kinerja pengelolaan lingkungan hidup kepada pemerintah daerah. 

Astra Gelar Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 di Bengkulu, Ratusan Anak Muda Ikut Serta

Selain Wakil Presiden RI, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong ikut mendampingi memberikan ucapan selamat kepada para Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota peraih penghargaan.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Photo :
  • Dok. KLHK
Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Penghargaan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup diatur dengan dua indikator, yaitu Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang menggambarkan status kualitas lingkungan hidup dan Indeks Respon Lingkungan Hidup (IRLH) yang menggambarkan kapasitas daerah dalam mengelola respons dalam rangka mempertahankan atau meningkatkan state dalam hal ini adalah IKLH.

"Anugerah ini menjadi wadah bagi para Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota sebagai bentuk pembuktian kinerja kepemimpinan mereka terkait pengelolaan lingkungan hidup. Kandidat memiliki kesempatan untuk menyajikan program inovasi dan strategi yang lebih mendalam. Mereka telah melakukan langkah konkret yang melibatkan masyarakat dan para pemangku kepentingan pada pencapaian kinerja daerah dalam pengelolaan lingkungan hidup," ungkap Alue dalam keterangan yang diterima, Kamis 21 Desember 2023.

Peringatan Hari Otonomi Daerah Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan

Alue mengatakan, konsep pengelolaan  Lingkungan hidup dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Driver-Pressure-State-Impact-Response (DPSIR). Melalui kerangka DPSIR, para ahli lingkungan dan pengambil kebijakan menganalisis interaksi antara komponen DPSIR, sehingga terjadi keberlanjutan dan keseimbangan dalam pengelolaan lingkungan. 

Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) diukur sejak tahun 2009 dan mulai tahun 2022 dilengkapi dengan pengukuran Indeks Respons Kualitas Lingkungan Hidup (IRLH). IKLH, kata Alue, adalah gambaran kualitas lingkungan hidup dalam suatu wilayah yang merupakan komposit dari Indeks Kualitas Air atau IKA, Indeks Kualitas Udara atau IKU, Indeks Kualitas Lahan atau IKL, dan Indeks Kualitas Air Laut atau IKAL. 

Target IKLH ditetapkan di RPJMN yang kemudian dibagi ke masing-masing Provinsi dan Kabupaten/Kota. Masing-masing provinsi dan kabupaten/kota telah menetapkan target IKLH sebagai target kualitas lingkungan di daerahnya.

Tahun 2023 nilai IKLH Nasional naik 0,12 poin menjadi 72,54 di atas target nasional 69,48. IKU naik 0,61 poin menjadi 88,67. IKA naik 0,71 poin menjadi 54,59. IKL naik 1,67 poin menjadi 61,79, sedangkan IKAL turun 5,57 poin menjadi 78,84. 

Tahun 2023, IKU dihitung dari 2.876 titik pemantauan, IKA dihitung dari 7.436 titik pemantauan, IKL dari  269.586 tutupan vegetasi dan IKAL dihitung dari 953 titik pemantauan.

IRLH mengukur kapasitas Pemerintah provinsi, dan kabupaten/kota dalam mengatasi permasalahan Lingkungan Hidup yang terjadi, diukur dari ketersediaan peraturan, kecukupan dan kompetensi SDM, ketersediaan anggaran, implementasi program lingkungan, keterlibatan stakeholder, publikasi, dan inovasi.

Penghargaan Green Leadership – Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah mulai dilaksanakan pada tahun 2023 sebagai upaya apresiasi terhadap Kepala Dinas bidang Lingkungan Hidup Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berkinerja baik serta berhasil membangun dan memelihara kolaborasi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan pemangku kepentingan lainnya dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya.

Ilustrasi hutan Boreal

Photo :
  • Pixabay

Anugerah Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Terbaik Tahun 2023 dipilih dari nominasi 5 (lima) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan 10 (sepuluh) kandidat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota terbaik. Dari nominasi tersebut ditetapkan Anugerah Kinerja Pengelolaan Lingkungan Daerah kepada 3 Provinsi Terbaik dan 5 Kabupaten/Kota terbaik yaitu:

Peraih Penghargaan Provinsi:
1.    Hanifah Dwi Nirwana - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.
2.    Julmansyah - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Barat.
3.    Jempin Marbun - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur.

Peraih Penghargaan Kabupaten/Kota:
1.    Heru Triatmojo - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang.
2.    Miftahul Ulum - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang.
3.    dr. Suryadi Panjaitan - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan.
4.    I Wayan Puja - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Badung.
5.    Hertutik - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya