Ada 8 Rest Area Tol Semarang yang Bikin Macet Saat Nataru, Polda Jateng Siapkan Skenario Ini

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi
Sumber :
  • tvOne-Teguh Sutrisno

Semarang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, puncak arus kendaraan masa liburan Natal dan Tahun Baru atau Nataru diperkirakan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, tanggal 23 dan 24 Desember 2023. Kendaraan yang sudah melintas di Gerbang Tol Kalikangkung diprediksi mencapai 35 ribu.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

Arus kendaraan yang padat berpotensi membuat penumpukan di rest area sepanjang jalan tol Jawa Tengah. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada 8 rest area yang diprediksi terjadi penumpukan kendaraan lantaran penumpang yang turun dan beristirahat.

Salah satu yang bakal ramai dikunjungi adalah Rest Area 429A Ungaran di ruas tol Semarang - Bawen.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Mengantispasi itu, Irjen Ahmad Luthfi sudah menugaskan tim urai di rest area termasuk titik-titik lainnya yang dinilai berpotensi kepadatan lalu lintas.

"Kita menyiapkan pos tinjau di 8 rest area yang tersebar di wilayah Jateng guna mengantisipasi terjadinya penumpukan. Kita siapkan skenario jika ada kepadatan di sekitar rest area," kata Luthfi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2023 di Simpang Lima Kota Semarang.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Gerbang Tol Kalikangkung

Photo :
  • tvOne-Teguh Sutrisno

"Kalau terjadi bottle neck, nanti di pintu masuk rest area kita siapkan petugas untuk mengatur," jelas Luthfi.

Sementara, terkait kepadatan arus lalu lintas di jalan tol pada masa Nataru diprediksi meningkat 143 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Maka itu, menurut dia, pihaknya sudah menempatkan personel urai untuk kelancaran arus lalu lintas mulai dari pintu tol Brebes hingga masuk wilayah Jawa Timur maupun ruas jalan tol fungsional Solo-Yogya.

Dia bilang pihaknya sudah mengerahkan lebih dari 15 ribu lebih personel gabungan yang tersebar di 278 pos.

"Polda Jateng telah menugaskan 15.250 personel gabungan, untuk mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Mereka disebar di 278 pos pelayanan dan pos keamanan maupun pos terpadu di wilayah Jateng, termasuk di gereja dan tempat wisata," ujar Luthfi.

Laporan: Teguh Sutrisno-Semarang, tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya