Ketua KPU: Semoga Debat Cawapres Bisa Jadi Rujukan Masyarakat dalam Pemilu 2024

Ketua KPU Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • Tangkapan layar.

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Hasyim Asy'ari  mengatakan bahwa debat cawapres dapat menjadi rujukan pemilih dalam pemilu 2024.

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Debat cawapres dalam rangkain kampanye pemilu presiden, kita dapat meniymak gagasan, visi—misi, program yang disampaikan cawapres bisa menjadi pilihan masyarakat dalam pemilu nanti,” ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Hasyim Asy'ari  dalam sambutannya debat cawapres di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, (22/12/2023).

Dalam debat cawapres dihadiri oleh awapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nmor 3 Mahfud MD di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat, (22/12/2023).

Cak Imin Rahasiakan Calon dari PKB Untuk Pilgub Jatim: Kalau Bocor Ketahuan Khofifah Bahaya

Capres cawapres 03 Ganjar-Mahfud MD di debat cawapres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

Acara debat cawapres perdana didampingi pasangan capres masing-masing.  Capres nomor urut 1 Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.  Tidak ketinggalan partai pengusung juga turut hadir. Suasana makin meriah dengan supporter dari pasangan masing-masing.

PPP dan PKB Bertemu, Bahas Apa?

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan debat Pilpres akan diselenggarakan sebanyak lima kali. Debat perdana rencananya digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. 

Hasyim mengatakan capres memiliki porsi yang lebih banyak berbicara saat debat Pilpres daripada cawapres. Capres akan berbicara sebanyak tiga kali dalam debat, sementata cawapres hanya dua kali. 

Komisioner KPU RI August Mellaz menambakan debat pertama calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan KPU pada Selasa, 12 Desember 2023 dan akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio. 

Mellaz menerangkan, debat pertama nanti akan disiarkan oleh TVRI dan RRI. Saling Sanggah August Mellaz memastikan dalam debat akan ada interaksi saling menanggapi saat debat pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.   

"Yang jelas ada pendalaman, kan mereka bisa saling merespons satu sama lain. Apakah itu namanya sanggah-sanggahan? Yang jelas KPU tidak dalam rangka itu," kata Mellaz di Jakarta  

Prabowo-Gibran.

Photo :
  • Tangkapan layar.

KPU RI telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. 

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Capres Anies Baswedan tiba di kediaman Cak Imin jelang debat cawapres

Photo :
  • Antara

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya