5 Fakta Penembakan Relawan Prabowo-Gibran oleh OTK di Madura

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU
Sumber :
  • Istimewa

Madura  – Dunia politik kembali dihebohkan dengan relawan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang menjadi korban penembakan orang tak dikenal (OTK). Peristiwa penembakan tersebut terjadi di Madura, Jawa Timur, pada Jumat, 22 Desember 2023 pagi hari. 

Menang Pilpres, Prabowo Sebut Butuh Dukungan NU untuk Bangun Bangsa

Korban yang bernama Muara (50) itu saat ini masih menjalani perawatan intensif medis di rumah sakit. Kabar ini juga sudah dikonfirmasi TKN Prabowo-Gibran, lewat perwakilannya, yaitu Letjen Sjafrie Sjamsoeddin. Nah, berikut fakta-fakta mengenai penembakan tersebut. 

1. Kronologi Kejadian

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Merupakan Bagian dari Keluarga Besar NU

Tim Penasihat Prabowo-Gibran, Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin

Photo :
  • Nur Faishal

Pada awalnya Muara sedang mengobrol sembari minum kopi dengan teman-temannya di depan sebuah toko di pinggir jalan. Namun, sekitar pukul 09.30 WIB, tiba-tiba saja datang 2 orang pria berboncengan naik sepeda motor ke arah Muara. 

Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Dua orang tersebut kemudian berhenti dan tiba-tiba melepaskan 2 tembakan ke arah Muara. Ia diketahui terkena tembakan hingga akhirnya tumbang. Dua orang tidak tidak tersebut langsung melarikan diri dengan memacu sepeda motornya. 

2. Pelaku Adalah OTK

Ilustrasi penembakan.

Photo :
  • ANTARA/Shutterstock.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, tim khusus pun dibentuk supaya penanganan kasus tersebut lebih cepat dan terang-benderang. Sebab, pelaku dari kasus penembakan tersebut adalah orang tak dikenal (OTK) yang datang tiba-tiba. 

Pengumpulan petunjuk dilakukan di tempat kejadian perkara (TKP) dan sejumlah saksi pun dimintai keterangan. "Tim masih bekerja," ujar Dirmanto saat dihubungi VIVA pada Senin, 25 Desember 2023 kemarin. 

3. Kondisi Korban

Ilustrasi/Penembakan

Photo :
  • Pixabay

Tim penasihat dari Prabowo Gibran Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin sudah menjenguk korban penembakan tersebut pada Senin, 25 Desember 2023 kemarin. Korban saat ini tengah dirawat di RSUD Dr Soetomo Surabaya. Sjafrie juga mengatakan bahwa Muara saat ini sudah stabil. 

"Beliau (Muarah) merupakan relawan tim dari Bapak Prabowo dan Mas Gibran. Mohon doanya agar Bapak Muarah lekas pulih" katanya kepada wartawan usai menjenguk korban di RSUD dr Soetomo Surabaya.

4. Korban Tokoh Masyarakat

Keseruan relawan Prabowo-Gibran joget Gemoy di acara Kopi Pagi

Photo :
  • Istimewa

Selain menjadi relawan pemenangan Prabowo-Gibran, Muara selama ini dikenal sebagai seorang tokoh masyarakat. Lebih tepatnya, Muara dikenal sebagai tokoh agama di Dusun Mandeman Daya, Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. 

5. Ditangani Polda Jatim

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Sementara itu, penanganan kasus penembakan tersebut sedang berjalan dan bahkan ditangani langsung oleh Polda Jatim. Hal ini disampaikan oleh Kasat Reskrim Polres Sampang Iptu Edi Eko Purnomo, Senin, 25 Desember 2023. 

“Saat ini juga ditangani Polda Jatim, tidak ada pelimpahan kasus, jadi yang menangani Polda Jatim dengan Polres Sampang," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya