Presiden Jokowi: Capaian Pembangunan Harus Kita Rawat dan Jaga, Kita Lanjutkan

Presiden Jokowi di Perayaan Natal Nasional 2023 di Surabaya
Sumber :
  • Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengingatkan semua masyarakat Indonesia, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan ditengah perbedaan pilihan dalam Pemillu 2024. Menurut dia, perbedaan pilihan merupakan hal yang wajar.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi, saat menghadiri Perayaan Natal Nasional Tahun 2023 di Jawa Timur, pada Rabu malam, 27 Desember 2023.

“Walaupun kita sedang memasuki tahun politik, walaupun sebentar lagi kita akan menyelenggarakan pemilu, memilih anggota legislatif, memilih Presiden dan wapres, tetapi kita harus terus menjaga toleransi, menjaga persatuan dan perdamaian. Perbedaan pilihan politik itu wajar dalam demokrasi,” kata Presiden Jokowi.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Kepala Negara mengatakan, Indonesia dipersatukan oleh kepentingan yang lebih mulia, yaitu menjaga persatuan, kesatuan, perdamaian, kegotongroyongan, kepentingan kemanusiaan, serta memajukan negara yang dicintai Republik Indonesia.

“Semangat ini yang harus terus kita pupuk, semangat bersikap moderat dalam beragama dan meletakkan kepentingan kebangsaan sebagai dalam bagian dari keimanan kita,” ujarnya.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Apalagi, kata Jokowi, ditengah tantangan kehidupan dunia yang berat ditandai krisis pangan dan krisis ekonomi ditandai perselisihan antarbangsa. Bahkan, lanjutnya, ditandai dengan terjadinya peperangan di beberapa wilayah.

“Ditengah tantangan kehidupan dunia yang berat ditandai krisis pangan, yang ditandai krisis ekonomi ditandai perselisihan antarbangsa, Orang Jawa menyampaikan eling lan waspodo. Perselisihan apalagi peperangan, pasti akan membawa kemunduran peradaban,” jelas dia.

Namun sebaliknya, kata Jokowi, persatuan, kerukunan itu kemungkinan bisa menapaki kemajuan. Oleh karenanya, Jokowi mengatakan Indonesia sungguh beruntung mampu menjaga toleransi dalam keberagaman dan kemajemukan.

“Kita juga mampu menjaga persatuan di tengah kebhinekaan, kita mampu menjaga Bhineka Tunggal Ika. Kita bersyukur memiliki Pancasila. Capaian pembangunan yang telah kita raih ini harus terus kita rawat dan kita jaga, harus terus kita lanjutkan agar cita-cita Indonesia maju semakin nyata,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya