Jokowi Ngaku 85 Persen Daerah di Indonesia Sudah Dikunjungi, Sisanya 2024

Presiden Jokowi menghadiri acara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2023
Sumber :
  • Setpres

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia hingga akhir jabatannya pada 2024 mendatang. Saat ini, Jokowi mengatakan sudah 85 persen mengunjungi seluruh daerah yang ada di Indonesia hingga akhir tahun 2023.

Jokowi Minta PM Singapura Dukung Pembangunan Pembangkit Listrik di IKN Nusantara

“Perlu saya ingatkan, negara kita ini negara besar memiliki 714 suku dan lebih dari 1.300 bahasa daerah, betapa kita ini sangat beragam. Saya bisa berbicara seperti ini karena hampir 85 persen daerah di seluruh Tanah Air saya kunjungi, kurang 15 persen dan saya akan selesaikan nanti di tahun 2024,” kata Jokowi saat sambutan dalam Perayaan Natal Nasional 2023 pada Rabu malam, 27 Desember 2023.

Menurut dia, Bangsa Indonesia sungguh beruntung mampu menjaga toleransi dalam keberagaman, kemajemukan serta mampu menjaga persatuan di tengah kebhinekaan, mampu menjaga Bhineka Tunggal Ika. “Kita bersyukur memiliki Pancasila,” ujarnya.

Jokowi Sahkan UU DKJ, Heru Budi: Itu yang Terbaik untuk Jakarta

Presiden Jokowi melakukan groundbreaking di IKN

Photo :
  • Setpres

Maka dari itu, Jokowi mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus memupuk rasa toleransi dan moderat dalam beragama. “Semangat ini harus terus kita pupuk, semangat bersikap moderat dalam beragama dan meletakkan kepentingan kebangsaan sebagai dalam bagian dari keimanan kita,” jelas dia.

Jokowi Ajak PM Singapura Lee Jadi Pengembang Kawasan Industri Halal di Tiga Daerah RI

Jadi, Jokowi ingin Indonesia terus memberi contoh pada dunia bahwa keberagaman itu adalah hukum alam yang tidak terhindarkan, perbedaan agama, perbedaan pandangan itu semakin wajar dalam kehidupan modern sekarang ini.

Presiden Jokowi di acara Rakornas Investasi 2023

Photo :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden.

“Tetapi, pilihan untuk hidup rukun dan penuh kasih sayang adalah sebuah pilihan, baik yang diajarkan Tuhan kepada kita, yang harus kita perjuangkan dan harus kita tumbuh suburkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya