Pengakuan Kiai Marzuki Usai Pencopotan di PWNU Jatim Diduga terkait Isu Pilpres

Kiai Haji Marzuki Mustamar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Malang –  Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang Kiai Marzuki Mustamar membeberkan alasan sikap dirinya yang selalu netral dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Nama Marzuki Mustamar kini ramai dibicarakan usai dirinya dicopot sebagai ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim) oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). 

PKB Pemenang di Jatim, Cak Imin Wajibkan Cagubnya Percaya Diri Lawan Khofifah Indar Parawansa

Dia mengaku selalu menjaga hubungan baik dengan setiap partai politik (parpol), baik parpol pendukung pasangan calon (paslon) 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, parpol pendukung paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka maupun parpol pendukung paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. 

"Saya tidak ingin pasca-pilpres itu pintu dakwahnya PWNU tertutup untuk salah satu golongan. Karena kami ingin skala dakwah di Partai Golkar itu masih terbuka, dakwah di PKB masih terbuka, di PDIP masih terbuka. Sikap kami seperti itu," kata Marzuki, Jumat, 29 Desember 2023.

Cak Imin Sebut Sosok Cagub Jatim dari PKB Harus Pede Lawan Khofifah: Kita Pertimbangkan Ketokohan

Marzuki Mustamar (Kiri)

Photo :
  • Nur Faishal/ VIVA.

Dia menyebutkan, banyak orang yang menuduh Kiai Marzuki mendukung paslon tertentu karena dia maupun orang dekatnya berada di barisan pendukung tertentu. Padahal hal itu bukan gambaran sikap politik Marzuki Mustamar secara utuh.

Massa Buruh Padati Kota Surabaya, Lalu Lintas Mulai Padat

 "Kalau pilihan politik itu kan hak masing-masing. Dan itu tidak ada yang tahu karena itu pribadi saya. Sehingga kalau Kiai Marzuki disanksi karena mendukung salah satu (paslon) itu tidak benar," ujar Marzuki. 

"Perkara misalnya ada orang dekatnya Marzuki kok masuk di paslon AMIN (Anies-Muhaimin), ada juga orang dekat kami yang alumni sini sekarang jadi pengurus Golkar dan tentu Golkar 02 (Prabowo-Gibran). Nah kayak begitu-begitu, ketika orang melihat lalu menyimpulkan Marzuki mendukung 02. Terus melihat ada yang masuk 01 dikira Marzuki mendukung 01," ujar Marzuki. 

Kiai Marzuki mengaku sering melihat konten media sosial yang mem-framing dirinya condong mendukung paslon tertentu tanpa mengklarifikasi terlebih dahulu. Jika sejumlah kegiatan ini menjadi latar belakang pencopotannya maka dia menganggapnya sangat tidak tepat. 

"Tidak ke sini, konfrimasi secara lengkap. Kalau ke sini jelas saya beritahu secara lengkap. Kami di ruang publik mengurus semua. Perkara internal kami memilih siapa itu urusan kami. Itu karena kami tidak ingin kehilangan peluang dakwah," kata Marzuki. 

Sebelumnya, Kiai Haji Abdussalam Shohib atau Gus Salam mengatakan, dalam pertemuan yang dihadiri oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya dengan sejumlah pengurus PWNU dan PCNU se Jatim di Shangri-La Hotel Surabaya, Rabu, 27 Desember 2023 malam itu, Gus Yahya yang menyampaikan langsung soal pemberitahuan pemberhentian Kiai Marzuki Mustamar dari jabatan Ketua PWNU Jatim.

Selain soal pencopotan Kiai Marzuki, Gus Salam mengatakan, di forum itu juga disampaikan soal pilpres. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya