Pelabuhan Belawan Dipadati Ribuan Penumpang saat Arus Mudik Nataru

Penumpang turun dari KM Kelud.
Sumber :
  • tvOne/Martinus Sitorus

Jakarta – Ribuan pemudik masih memadati terminal penumpang Bandar Deli Belawan saat arus mudik terakhir menggunakan jasa angkutan laut. Selama arus mudik Nataru, sebanyak 16.070 penumpang dari luar Sumatera telah tiba melalui Pelabuhan Belawan.

Dukungan Golkar kepada Ijeck untuk Pilkada Sumut tinggi tapi Keputusan Ada di Pusat, Kata Pakar

"Sebanyak 3.741 orang penumpang asal Jakarta dan Batam menggunakan KM Kelud sandar di Pelabuhan Terminal Penumpang Bandar Deli dikawasan jalan Stasiun, Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara. KM Kelud pun langsung berangkat membawa 1601 penumpang dengan tujuan Tanjung Periok/ Batam/ Tanjung Balai Karimun,” kata Kepala Cabang Medan PT Pelni, Abi Biwa Laksana dikutip Sabtu, 30 Desember 2023.

Pada puncak arus mudik terakhir, terlihat seluruh penumpang yang turun dan hendak berangkat berdesakan untuk masuk ke pelabuhan terminal penumpang terbesar di Sumatera itu. Kondisi ini sempat membuat repot petugas.

Pendapatan Garuda Indonesia Kuartal I-2024 Naik 18,07 Persen

Aktivitas Arus Mudik di Pelabuhan Belawan, Kota Medan.

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

“Nantinya arus balik perdana menggunakan jasa angkutan laut KM.Kelud Sena, terjadi pada tanggal 04 Januari 2024.PT Pelni akan menambah frekuensi keberangkatan, ujar Biwa.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Biwa menambahkan, puncak arus mudik Nataru dan libur sekolah diisi oleh penumpang yang merantau kembali ke kampung halaman di Medan dan sejumlah kota di Sumatera Utara.Tercatat selama arus mudik sebanyak 16.070 penumpang dari luar Sumatera telah tiba melalui Pelabuhan Belawan.

“Nanti KM Kelud akan kembali berangkat langsung dengan membawa 3.545  penumpang bertolak dari Pelabuhan Belawan menuju Batam dan Tanjung Priok Jakarta,” ujar Biwa.

Laporan: tvOne/Martinus Sitorus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya