BMKG Ungkap Sejumlah Wilayah yang Berpotensi Hujan di Malam Tahun Baru

(Ilustrasi) Musim Hujan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta -  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, potensi hujan sedang dan lebat di sejumlah wilayah Indonesia. Potensi hujan itu terjadi pada malam Tahun Baru atau 31 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024. 

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, potensi hujan itu dikarenakan adanya angin yang bertiup dari Asia. Dan diperkuat dengan fenomena kumpulan arak-arakan awan hujan. 

"Kondisi yang perlu diwaspadai ini perlu kami sampaikan, mengingat esok adalah malam Tahun Baru dan puncak pergerakan mobilitas masyarakat. Yang nampaknya berada di wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat," ujar Dwikorita dalam konferensi pers Sabtu, 30 Desember 2023. 

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

Kepala BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Dwikorita Karnawati

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dwikorita menjelaskan, untuk wilayah yang diprakirakan akan mengalami hujan sedang dan lebat akan terjadi di Aceh dan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi , Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua. 

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

Sedangkan, untuk periode 3-6 Januari 2024 BMKG memprakirakan akan terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Indonesia. Diantaranya di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta. 

"DKI Jakarta ini terutama di bagaian Selatan yang berbatasan dengan Tangerang, jadi bukan seluruh DKI Jakarta, terutama di bagian Selatan. Kemudian Jawa Barat ini hampir merata di Jawa Barat, kemudian Jawa Tengah, juga sebagian besar Jawa Tengah, dan juga Jawa Timur," jelasnya. 

Seorang anak laki-laki membawa payung saat hujan (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

Selanjutnya hujan juga akan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku Papua Barat dan Papua. 

"Jadi kami mohon di wilayah-wilayah yang kami sebutkan tadi masyarakat diimbau untuk waspada dan terus memonitor perkembangan cuaca melalui bernagai kanal BMKG," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya