Terpopuler: Penumpang Japan Airlines Selamat, Roy Suryo Dipolisikan hingga Penembak Relawan Ditahan

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang
Sumber :
  • Kyodo News via AP

Jakarta – Pesawat Japan Airlines dengan nomor penerbangan 516 mengalami kecelakaan saat mendarat, di Bandara Haneda Tokyo, Selasa, 2 Januari 2024 malam.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Pesawat itu terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat penjaga pantai yang sedang dalam perjalanan untuk memberikan bantuan bencana gempa.

Dalam kejadian tersebut, 379 penumpang pesawat Japan Airlines berhasil selamat. Adapun lima orang yang berada di dalam pesawat Penjaga Pantai tewas, dan satu orang terluka parah.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Berita tentang kecelakaan pesawat tersebut hingga bagaimana ratusan penumpang bisa selamat dari kebakaran itu, menjadi berita paling banyak menarik perhatian pembaca kanal News VIVA, Rabu, 3 Januari 2024. 

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP
DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Sementara dari dalam negeri, berita tentang Pakar telematika, Roy Suryo dilaporkan ke Bareskrim Polri juga menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA

Tak hanya dua berita tersebut. Sejumlah berita lainnya juga banyak menarik animo pembaca. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Rabu, 3 Januari 2024 yang dirangkum dalam tulisan round up

1. Bagaimana Semua 379 Penumpang Japan Airlines Selamat dari Kebakaran Pesawat Dalam 90 Detik

Rekaman mengerikan yang memperlihatkan pesawat Japan Airlines terbakar sebelum mendarat di Bandara Haneda Tokyo telah membuat dunia terkejut.

Hebatnya, seluruh penumpang yang berjumlah 379 orang selamat, setelah Airbus A350 bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang saat mencoba mendarat. 

Graham Braithwaite, pakar keselamatan penerbangan di Cranfield University di Inggris, mengatakan bahwa desain pesawat dan pelatihan staf tingkat tinggi di maskapai tersebut kemungkinan besar merupakan kunci untuk menghindari bencana. Baca berita selengkapnya di sini.

2. Roy Suryo Dilaporkan ke Bareskrim Buntut Tuding Gibran Pakai 3 Mikrofon Saat Debat

Pakar telematika, Roy Suryo dilaporkan ke Bareskrim Polri karena menuding calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang menggunakan tiga mikrofon saat debat calon wakil presiden yang diselenggarakan KPU RI di JCC Senayan, Jakarta Pusat pada Jumat, 22 Desember 2023.

“Kita Pilar 08 membuat laporan ke Bareskrim terkait dugaan berita bohong/hoaks, ujaran kebencian yang diduga dilakukan oleh Roy Surya pasca-debat cawapres kedua. Roy Suryo menyatakan bahwa adanya kecurangan,” kata Kuasa Hukum Pilar 08, Hanfi Fajri di Gedung Bareskrim Polri pada Selasa, 2 Januari 2024. 

Roy Suryo dalam Catatan Demokrasi tvOne

Photo :
  • YouTube tvOne

Padahal, kata dia, Komisioner KPU RI serta konsorsium dari penyelenggara televisi yang menyiarkan debat calon wakil presiden sudah membantah atau mengklarifikasi. Namun, lanjut dia, Roy Suryo malah tetap kekeuh bahwa dirinya merasa paling benar atas analisanya terkait mikrofon yang digunakan para peserta debat calon wakil presiden. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Biadab! Anak 7 Tahun Diperkosa Kakek, Ayah Tiri dan Tetangga Berulang Kali

Sungguh tragis nasib seorang anak perempuan berusia 7 tahun di Kalimantan Barat, yang harus menderita penyakit seksual menular sejak satu tahun terakhir. 

Anak tersebut tertular penyakit seksual akibat diperkosa oleh kakek, ayah tiri dan tetangganya hingga berkali-kali.  

Gadis malang tersebut harus sering menerima suntikan antibiotik, serta mengonsumsi obat keras setiap hari agar lukanya cepat kering dan sembuh. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kesaksian Penumpang Japan Airlines yang Terbakar, Kabin Pesawat Dipenuhi Asap

Para penumpang menyatakan kelegaan mereka dan mengenang saat-saat menegangkan, setelah mereka berhasil lolos dari pesawat Japan Airlines, yang terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang di bandara Haneda Tokyo, pada Selasa, 2 Januari 2024.

Kecelakaan Pesawat Japan Airlines di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Photo :
  • Kyodo News via AP

Saat proses evakuasi, penumpang melarikan diri dari pesawat menggunakan perosotan evakuasi. Kecelakaan itu terjadi sesaat sebelum pukul 18.00 sore waktu setempat. 

“Saya merasakan ada benturan, seperti pesawat bertabrakan dengan sesuatu saat mendarat. Saya melihat percikan api di luar jendela dan kabin dipenuhi gas dan asap,” kata seorang perempuan berusia 35 tahun yang duduk di kursi dekat jendela saat mendarat. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Polisi Tahan 3 Tersangka Penembakan Relawan Prabowo, Salah Satu Pelaku Ternyata Kepala Desa

Penyidikan kasus penembakan relawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Muarah (48), di Banyuates, Sampang, Madura, Jawa Timur, mulai menemukan titik terang. Polisi berhasil menangkap tiga pelaku yang semuanya sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke penjara.

Ilustrasi penembakan.

Photo :
  • Pixabay/stevepb

Tiga pelaku yang jadi tersangka itu ialah S, H, dan W. Ketiganya warga Sampang, Madura. "Sudah ada tiga orang ditetapkan sebagai tersangka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Dirmanto, Rabu, 3 Januari 2023.

Ia menyampaikan, salah satu tersangka di antaranya ialah seorang kepala desa di Sampang. Selain menetapkan tersangka, penyidik juga geledah dua rumah milik tersangka. Salah satu rumah yang digeledah ialah kepala desa yang jadi tersangka. "Kita geledah hari ini," ujar Dirmanto. Baca berita selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya