Autogate Tambah Banyak di Bandara Soetta, Dirjen Imigrasi Singgung Layanan AP II

Direktur Jenderal (Dirjen ) Imigrasi, Silmy Karim.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

Tangerang - Direktur Jenderal (Dirjen ) Imigrasi, Silmy Karim menyinggung perihal layanan bagasi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Hal ini setelah adanya penambahan autogate di area kedatangan internasional.

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

"Saat ini autogate kan sudah banyak, dan memangkas waktu antrean, itu juga yang jadi tujuan kita. Sekarang, tinggal area bagasinya, ranah Angkasa Pura II, gimana nanti tidak terjadi penumpukan di sana, di mana bisa dipercepat," katanya di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Rabu, 3 Januari 2023.

Dikonfirmasi terpisah, Executive General Manager (EGM) Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, pihaknya segera mencarikan solusi untuk mengantisipasi penumpukan yang terjadi.

Viral Keributan Avsec dengan Penumpang di Bandara Soetta, Ini Penjelasan AP II

Executive General Manager (EGM) Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

"Jadi memang soal autogate ini belum terpikirkan, dan pengalaman penumpang yang tiba pun sebelumnya sudah terhitung, dari tiba, lalu imigrasi di konter manual dan sampai ke bagasi. Namun saat ini, dengan adanya autogate tentu jadi tantangan bagi kami, bagaimana nantinya layanan bagasi," ujarnya, Kamis, 4 Januari 2023.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Beberapa opsi awal, menurut Dwi, mulai dari memberikan penambahan kenyamanan di area bagasi bagi penumpang yang menunggu barang, hingga mempercepat sisi belakang. "Mungkin ada dua arah, apakah dibikin nyaman di area bagasi, atau sisi belakang dipercepat," ujarnya.

Diketahui, saat ini layanan imigrasi di Bandara Soetta, dilakukan secara digital menggunakan autogate. Dimana, sebanyak 78 autogate dipasang di Terminal 2 dan 3 untuk mempercepat proses pengecekan keimigrasian, yang saat ini hanya memakan waktu 15 detik. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari antrean mengingat data perlintasan internasional di Bandara Soetta meningkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya