Bripda Novandro Dapat Motor Baru dari Kapolri usai Motornya Dipakai Ganjal Bus

Bripda Novandro
Sumber :
  • TikTok: pontianakmedia

JakartaKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara resmi telah memberikan sebuah motor baru kepada Bripda Muhammad Novandro usai motornya digunakan untuk mengganjal sebuah bus karena terlibat kecelakaan di Jembatan Kapuas II, Jalan Mayor Alianyang, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Korban Tewas Kecelakaan Bus di Subang Jadi 11 Orang, Puluhan Luka Berat

Jenderal Listyo Sigit Prabowo mulanya ingin mendengar secara langsung cerita dari Bripda Novandro yang tega pakai motornya untuk ganjal bus saat kecelakaan.

"Saya kebetulan melihat di medsos ada viral terkait dengan apa yang dilajukan oleh bripda novandro, saya pengen denger langsung seperti apa itu," ujar Sigit melalui akun instagram pribadinya, Sabtu 6 Januari 2024.

32 Ambulans Depok Berangkat ke Subang untuk Evakuasi Korban Kecelakaan Bus Pelajar SMK

Bripda Muhammad Novandro Rela Motornya untuk Ganjal Ban Bus Damri

Photo :
  • VIVA/Destriadi Yunas Jumasani

Akhirnya, Bripda Novandro menceritakan peristiwa tersebut. Dia menyebut bermula ketika mendapatkan informasi ada kecelakaan bus. Informasi tersebut didapat dari seniornya yakni Bripka Isa lewat handy talkie (HT).

Bus Rombongan SMK Depok Terguling di Subang, Puluhan Wali Murid Cemas Datangi Sekolah

"Mohon izin jenderal, saya mau menyampaikan kejadian pada tgl 30 Desember 2023 tepatnya pada pagi hari pada pukul 06.45 WIB," kata Novandro kepada Kapolri

Sata tiba, Novandro dan Isa langsung mengatur lalu lintas di sekitar. Dia menyebut tetiba Bus berjalan mundur.

Setelah itu, dia inisiatif langsung ambil motornya untuk mengganjal bus yang mundur secara tiba-tiba. Hal itu dilakukan demi mencegah peristiwa tak terduga.

"Kemungkinan terjadi bus tersebut akan menghantam dan tengki bbm yang akan mengakibatkan ledakan dan membuat korban jiwa yang banyak," kata Novandro.

Singkat cerita, Kapolri lantas mengatakan ingin memberikan sebuah motor yang baru. Hal itu lantaran sikap Bripda Novandro.

Jenderal Listyo Sigit tetapi ingin tahu mengapa Novandro mau mengorbankan motor satu-satunya itu.

"Jadi kami juga kalau pakai tangan ganjal bus tersebut juga kami pasti bakal jadi geprek. Jadi kami inisiatif kami ambilah motor kami untuk kami ganjal ke belakang bus itu. Dan alhamdulillahnya bus tersebut dapat terhenti," beber Novandro.

Sebelumnya, Seorang anggota Satuan Lantas Polres Kubu Raya merelakan motor pribadinya untuk menghentikan bus Damri yang mogok dan mundur saat akan menaiki Jembatan Kapuas II, Jalan Mayor Alianyang, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pipit Rismanto melalui Kepala Bidang Humas Kombes Raden Petit Wijaya membenarkan hal tersebut. Menurut dia, saat kejadian bahwa ada sebuah bus Damri yang mengalami kerusakan sehingga tak kuat menanjak dan mulai mundur.

"Bripda Muhammad Novandro merelakan motor pribadinya demi selamatkan nyawa masyarakat. Dia merelakan motornya menjadi pengganjal ban bus Damri yang mengalami kerusakan demi mencegah kecelakaan," jelas Petit pada Senin 1 Januari 2024.

Petit menjelaskan kejadian tersebut berlangsung pada hari Sabtu, 30 Desember 2023, yang mana saat kejadian jalanan sedang padat kendaraan. 

Saat itu, kata dia, bus Damri tersebut hendak naik di jembatan. Namun, tiba-tiba bus tersebut mogok dan mundur. Kebetulan ada anggota kita lagi mengatur lalu lintas.

"Daripada mundur dan memicu kecelakaan di bawah, dia inisiatif mengorbankan sepeda motornya untuk mengganjal ban bus Damri tersebut," terangnya.

Bripda Novandro

Photo :
  • TikTok: pontianakmedia

Petit memastikan jika Bripda Novandro tidak melakukan inisiatif, maka akan terjadi kecelakaan yang melibatkan korban. Karena, kata dia, banyak pengendara di belakang bus Damri yang tidak lagi memiliki ruang untuk menghindar serta adanya sebuah truk Pertamina yang membawa BBM.

"Berkat aksi heroik Novandro, bus Damri itu pun benar-benar berhenti dan tidak lagi mundur. Sementara itu, tidak ada korban jiwa ataupun korban luka-luka akibat hal ini," pungkas Petit. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya