Truk Pembawa Surat Suara Nyebur Jurang di Semarang, Sopir Masuk RS-Brimob Pengawal Selamat

Truk pengangkut surat suara di Semarang nyebur jurang
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memastikan mengawal proses evakuasi kecelakaan truk pengangkut surat suara terguling dan masuk ke jurang di tanjakan dan tikungan jalan nasional Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Peristiwa terjadi pada Sabtu, 6 Januari 2024, sekira pukul 13.30 WIB.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Sekretaris KPU Jawa Tengah Rudinal menginformasikan bahwa pengemudi truk ekspedisi tersebut saat ini sudah dibawa ke rumah sakit. Sementara anggota Brimob yang mengawal di dalam truk selamat.

Ia menjelaskan, truk ekspedisi PT. Pos Log digunakan oleh PT. Temprina Bawen yang memproduksi surat suara. Truk ekspedisi itu dipakai untuk mengirim surat suara ke beberapa kabupaten di Jawa Tengah.

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

"Truk ekspedisi mengalami kecelakaan tepatnya di Kecamatan Jambu pada pukul 13.30 WIB. Truk terperosok ke dalam jurang kedalaman kurang lebih 10 meter," kata Rudinal saat dikonfirmasi

Truk pengangkut surat suara di Semarang nyebur jurang

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Ia mengungkapkan, truk logistik pemilu berisikan surat suara DPRD Kabupaten Magelang Dapil 1 dan Dapil 6. Jumlahnya kurang lebih 800 kotak atau 400 ribu surat suara. Proses evakuasi surat suara masih menjadi tanggung jawab PT Temprina selaku penyedia.

"Hasil koordinasi dengan pihak penyedia yaitu PT Temprina, KPU Jawa Tengah dan dihadiri juga di lapangan dari pihak kepolisian dan Bawaslu Kabupaten Semarang, surat suara tersebut dibawa kembali ke perusahaan dengan kendaraan yang sudah disiapkan untuk dilakukan pengecekan dan sortir terhadap kondisi surat suara tersebut," jelas Rudinal.

Proses evakuasi dan pengamanan, lanjutnya, dibantu dan diawasi oleh KPU Jawa Tengah, KPU Kabupaten Semarang, PPK Kecamatan Jambu dan PPS Desa Kelurahan, Kecamatan Jambu, serta pihak keamanan dari Polres dan TNI.

Sebelumnya diberitakan, truk pengangkut logistik surat suara Pemilu 2024 mengalami insiden kecelakaan di tanjakan dan tikungan Kalimalang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Sabtu, 6 Januari 2024.

Dalam video yang beredar di grup WA warga, tampak truk terjun bebas ke jurang di sisi jalan yang berkelok dengan posisi roda di atas. Sementara muatan logistik berserakan di sekitarnya.

"Truk pengangkut surat suara untuk Kabupaten Magelang terguling di tikungan  Kalimalang, Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang, sekarang dalam proses evakuasi dari pihak kepolisian," kata perekam video tersebut.

Komisioner KPU Jawa Tengah, Paulus Widiyantoro membenarkan ada kejadian truk pengangkut logistik pemilu mengalami insiden di Jambu Kabupaten Semarang. Saat itu truk sedang dalam perjalanan mengirim logistik keperluan pemilu ke Magelang.

Pihak kepolisian dari Polres Semarang telah mengerahkan kendaraan derek untuk memgevakuasi truk tersebut.

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya