Soal Aliran Dana Ratusan Miliar ke Bendahara Parpol, Cak Imin: Polisi Jangan Diam

Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin)
Sumber :
  • VIVA/Diki Hidayat

Blitar Cawapres nomor urut satu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin buka suara soal temuan PPATK terkait dengan adanya temuan aliran dana yang masuk ke bendahara 21 partai politik (parpol). Dia meminta untuk mengusut tuntas hal itu.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Usut! PPATK membuktikan, polisi jangan diam," ujar Cak Imin kepada wartawan di Blitar, dikutip Jumat 12 Januari 2024.

Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin kampanye di Banten.

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Cak Imin mengatakan bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga siap jika harus diperiksa soal temuan aliran dana tersebut. "(PKB siap diusut) siap," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana menjelaskan bahwa ketika tahun 2022 lalu, PPATK berhasil menemukan adanya 8.270 transaksi dari 21 partai politik itu. Kemudian meningkat kembali pada tahum 2023 menjadi 9.164 transaksi.

Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024

“Mereka juga termasuk yang kita ketahui menerima dana luar negeri. Di 2022, penerimaan dananya hanya Rp83 miliar, di 2023 meningkat menjadi Rp195 miliar,” ujar Ivan kepada wartawan di Jakarta, Rabu 10 Januari 2024.

Ivan menyebut kalau laporan penerimaan dana untuk para bendahara parpol itu didapatkan dari International Fund Transfer Instruction (IFTI) terhadap 100 orang yang terdapat dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu.

Pun, Ivan menyebutkan kalau dadi DCT itu terdapat penerimaan dana sebesar Rp7,7 triliun dari luar negeri terhadap 100 DCT tersebut. Bahkan, juga ada yang mengirimkan dana ke luar negeri sebesar Rp5,8 triliun.

Ia menjelaskan dalam temuan ini, 100 orang dalam DCT yang menerima uang dari luar negeri dan mengirim uang ke luar negeri bisa berbeda.

“Jadi orang ini menerima uang dari luar negeri sebesar itu. Ada juga yang mengirim ke luar. 100 ini bisa beda-beda ya, bisa sama, bisa beda-beda,” ucapnya.

Ketua PPATK Ivan Yustiavandana

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Laporan tersebut, kata Ivan, berupa dugaan transaksi pembelian barang yang dilakukan secara tidak langsung terkait dengan upaya kampanye dan aktivitas lainnya senilai Rp592 miliar.

“Ada laporan transaksi pembelian barang yang ini secara tidak langsung kita ketahui ada terkait dengan upaya kampanye dan segala macam, itu ada 100 DCT yang melakukan transaksi pembelian barang senilai Rp592 miliar sekian,” bebernya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya