Kata Menkominfo soal Akun Instagram Resmi Mahfud Sempat Diretas

Menkominfo Budi Arie sempat sambangi kantor PBNU Jakarta Pusat pada Kamis 18 Januari 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

JakartaAkun instagram pribadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD sempat diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) buka suara.

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki siapa sosok yang berani meretas akun instagram pribadi Mahfud MD. Tak lupa, dia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap menjaga dunia digital.

"Kita sudah selidiki itu, antisipasi kita menghimbau seluruh pengguna akun untuk menjaga ya karena dunia digital ini tanpa batas," ujar Budi Arie di kantor PBNU Jakarta Pusat, Kamis 18 Januari 2024.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Budi Arie menjelaskan bahwa dirinya sampai sekarang belum mengetahui siapa yang meretas akun sosmed Mahfud MD. Kendati, hal itu bakal diselidiki Kominfo.

Cawapres nomor urut tiga Mahfud MD

Photo :
  • Istimewa
Menkominfo Budi Arie Bersiap Ngantor di IKN Juli 2024

"Kita tidak tahu kan siapa, siapa tahu orang luar negeri entar diselidiki soal akun Menkopolhukam," bebernya.

Sebelumnya, Akun Instagram Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD, kembali pulih setelah diretas selama kurang lebih 2 jam.

Staf Khusus Menkopolhukam, Rizal Mustary, mengatakan akun Instagram Mahfud MD, @mohmahfudmd, telah kembali dikendalilan oleh tim pengelola, sekitar pukul 18.00 WIB. 

"Account secured, sudah kita kendalikan lagi," ujar Rizal melalui pesan singkat, Selasa, 16 Januari 2024.

Rizal sebelumnya sempat mengumumkan akun Instagram Mahfud MD diretas oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab. Menurut dia, situasi ini terjadi sejak Selasa, 16 Januari 2024 pagi dan upaya pemulihan sedang dilakukan. 

"Segala post dan direct message dari akun tersebut bukanlah dari Bapak Mahfud MD tapi dari pihak lain di luar pengelola," kata Rizal.

Minister Budi Arie Setiadi

Photo :
  • Press Release

Sebagai informasi, kabar mengejutkan datang dari calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD lantaran akun Instagram pribadinya @mohmahfudmd diduga diretas oleh oknum tak bertanggung jawab. 

Hal itu terlihat dari unggahan Mahfud MD yang tiba-tiba saja mengunggah video yang diduga berisi tentara Israel. Keterangan dalam unggahan tersebut berisikan tulisan dalam bahasa Ibrani yang bermakna soal Tuhan berada di atasnya dan siapa yang bisa mengendalikannya. 

“Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?” tulis keterangan dalam unggahan Mahfud MD yang diduga diretas dan telah diterjemahkan VIVA pada Selasa, 16 Januari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya