KPU Kota Tangerang Lakukan Simulasi Pemilihan dan Pemungutan Suara dengan Sirekap

Simulasi pemungutan surat suara oleh KPU Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengelar simulasi pemilihan dan pemungutan suara di Jalan Benteng Jaya Jembatan Kaca, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Senin, 29 Januari 2024. 

Baliho Rektor UMT Maju Pilkada Kota Tangerang Dirusak OTK, Relawan Geram

Dalam simulasi pemilihan dan pemungutan suara tersebut, KPU juga secara perdana menguji coba dengan aplikasi Sirekap. 

Ketua KPU Kota Tangerang, Qori Ayatullah mengatakan, simulasi tersebut pun akan memberikan gambaran nyata pada pelaksanaan sesungguhnya nanti di tanggal 14 Februari 2024. 

494 Suara Hilang di Dapil Jabar 1, Nasdem Tuduh Golkar Ada Kenaikan 472 Suara Ilegal

"Simulasi ini kita gelar seperti apa yang nanti dilakukan pada 14 Februari. Dan kegiatan hari ini adalah simulasi pelaksanaan pemungutan, perhitungan, dengan aplikasi Sirekap," katanya. 

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
PPP Sebut 36 Ribu Suaranya Pindah ke Partai Garuda di Dapil Jawa Barat

Dalam aplikasi Sirekap memudahkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk melakukan perhitungan atau rekapitulasi hasil pemungutan suara di masing-masing TPS. Fungsinya sebagai sumber data utama perolehan suara yang tertuang dalam Formulir C.Hasil-KWK. 

Dia melanjutkan, selain melakukan uji coba pada aplikasi Sirekap, KPU juga melihat dan mengetahui seperti apa partisipasi masyarakat. 

"Selain soal aplikasi, kita juga lihat bagaimana partisipasinya. Dan sejauh ini masih proses. Namun, alhamdulillah terlepas kondisi cuaca sedang hujan, tapi masyarakat tetap begitu antusias, semangat untuk hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya