Jokowi Beberkan Isi Pertemuan dengan Sri Sultan HB X

Lebaran di Yogya, Jokowi silaturahmi ke Sultan HB X
Sumber :
  • Istimewa/Cahyo Edi

Magelang - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkap isi pertemuan dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di kompleks Keraton Yogyakarta. Pertemuan itu terjadi pada Minggu, 28 Januari 2024 dan berlangsung tertutup.

Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Jokowi mengatakan bahwa dirinya diterima dan berbincang cukup lama dengan Sri Sultan. Dalam pertemuan itu Jokowi bicara banyak hal soal situasi global dan nasional.

"Ya banyak (yang dibicarakan), berbicara masalah ekonomi global, geopolitik global, termasuk juga ekonomi nasional, politik nasional," ucap Jokowi kepada wartawan di Magelang, Jawa Tengah, Senin, 29 Januari 2024.

Prabowo Aktif Temani Jokowi, Pakar Politik: Menandakan Transisi Pemindahan Berjalan Mulus

Presiden Jokowi ajak cucunya Jan Ethes silaturahmi ke Sultan HB X

Photo :
  • Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi bertemu dengan Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X, Minggu 28 Januari 2024. Pertemuan antara Jokowi dan Sultan HB X ini dilakukan di Keraton Kilen yang berada di area Keraton Yogyakarta.

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Jokowi datang ke Keraton Kilen sekitar pukul 10.25 WIB. Selama kurang lebih satu jam pertemuan antara dua tokoh ini berlangsung. Pertemuan antara Jokowi dan Sultan HB X ini digelar secara tertutup.

Menantu Sultan HB X, KPH Notonegoro mengatakan jika kedatangan Jokowi ke Keraton Kilen untuk bersilaturahmi dengan Sultan HB X. Notonegoro menyebut Jokowi biasa bersilaturahmi dengan Sultan HB X ketika sedang berada di Yogyakarta.

Presiden Jokowi ajak cucunya Jan Ethes silaturahmi ke Sultan HB X

Photo :
  • Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden

"Tadi Bapak Presiden berkunjung ke Keraton. Ini hal yang sudah biasa kalau beliau ke Yogyakarta dan ada waktu biasanya silaturahmi kepada Ngarsa Dalem. Bertemu kurang lebih satu jam," kata Notonegoro.

Terkait pertemuan itu, Notonegoro meminta agar tidak ditafsirkan atau dinarasikan yang tidak-tidak. Notonegoro menerangkan jika antara Jokowi dan Sultan HB X memang kerap bersilaturahmi

"Pertemuannya tertutup. Kalau saya ditanya ngobrolin apa saya gak tahu. Tapi ada pesan dari kami mohon jangan dinarasikan yang enggak-enggaklah. Ngarsa Dalem (Sultan HB X) memang dengan Bapak Presiden sering bersilaturahmi. Gitu aja," urai Notonegoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya