Viral Wisatawan Asing Curhat Keluhkan Bali Penuh Sampah, Sandiaga Uno: Ini Masukan Bagi Kami

Turis asal inggris curhat kecewa tentang pantai Bali
Sumber :
  • Tamgkapan Layar: TikTok @cor_98

Bali – Seorang turis asal Inggris, bernama Corrin mengunggah video melalui akun Tiktok @cor_98. Dalam video tersebut, menggambarkan kemacetan serta keadaan pantai Kuta yang dipenuhi dengan sampah.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Corrin dalam videonya bertanya-tanya mengapa sisi negatif dari destinasi ini tidak terlihat dalam internet. Iklan pariwisata yang dilihat, tidak mencerminkan dengan apa yang dialaminya. Corrin mempertanyakan dimana letak keindahan yang seharusnya dimiliki oleh salah satu destinasi terkenal di Bali.

Kondisi ini pun ditanggapi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.

Ketua PD Parfi Bali Lenny Hartono Ingin Industri Film Semakin Maju

“Ini menjadi masukan bagi kami. Tentunya kami harus bekerja lebih keras lagi untuk memastikan destinasi kami dalam menangani masalah sampah,” ucapnya.

      

Gibran Bareng Sandiaga Nobar Laga Timnas Indonesia Vs Uzbekistan di Balai Kota Solo

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno

Photo :
  • VIVA/Galih Purnama (Depok)

Sandiaga kemudian menyinggung soal pungutan bagi turis asing sebesar Rp150 ribu yang berlaku pada 14 Februari 2024. Menurutnya, pungutan tersebut bertujuan untuk menangani persoalan sampah di Bali,

“Oleh karena itu, dengan adanya Levi ini tidak ada alasan lain bahwa kita harus menangani sampah dengan lebih baik, kita jangan terus menjadi emosi karena postingan-postingan tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya, Sandiaga pun menegaskan bahwa postingan-postingan semacam ini justru menjadi pengingat, pariwisata untuk membenahi destinasi. Sehingga, bisa menghadirkan destinasi yang lebih bersih dan memberikan pengalaman yang mengesankan para turis.

“Jangan kita diskreditkan wisatan-wisatawan tersebut. Tetapi, ini adalah niat baik mereka. Kita berhusnudzon saja, berprasangka baik bahwa mereka ingin memberikan masukan kepada Bali. Jangan dilihat ini adalah bentuk persaingan dengan destinasi lainnya. Namun, kita harus fokuskan bagaimana kita berbenah diri,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, menerangkan Pemkab Badung telah intensif membersihkan sampah di kawasan tersebut. Pemprov Bali dan Pemkab Bandung beberapa waktu lalu turun untuk mengecek serta melakukan pembersihan di Pantai Kuta. Menurutnya, hal ini membuktikan komitmen pemerintah dalam menjaga destinasi wisata agar tetap bersih, aman dan nyaman.

Tjok Bagus Pemayun, menilai postingan-postingan tersebut sebagai masukan bagi Dispar dalam berbenah untuk menjadi lebih baik.

“Tetapi, di satu sisi kami juga berharap para vlogger yang memberitakan itu mencari keseimbangan dalam pemberitaan,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya