Moeldoko Buka Suara Soal Tak Hadiri Pelantikan AHY Hari Ini

Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko
Sumber :
  • Kantor Staf Presiden

Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko buka suara mengenai ketidakhadirannya saat Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024.

Moeldoko menjelaskan, ketidakhadirannya ini karena dia tengah menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

"Yang cari saya hari ini, tenang-tenang, saya ada di sini. Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara," ujar Moeldoko lewat Instagramnya @dr_moeldoko Rabu, 21 Februari 2024.

Moeldoko menuturkan, dalam konferensi FAO Asia Pasifik ini dia memaparkan tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik.

Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan (KSP)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Pertama mengenai transformasi cara bertani dengan menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan.

Menurutnya, kerja sama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat. Kedua, transformasi produk pangan. "Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan," ujarnya.

Ketiga, transformasi aktor atau petani dengan menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. Sebab, menurut dia,  petani semakin tua dan sulit menarik minat anak muda.

Untuk menjawab tantangan ini, kata Moeldoko, Indonesia bekerja sama dengan FAO membangun program regenerasi petani. Program ini meliputi pelatihan berjenjang dari hulu ke hilir, termasuk penggunaan teknologi smart farming dan cara berbisnis yang menguntungkan.

"Saya ucapkan juga selamat kepada pak @hadi.tjahjanto dan mas @agusyudhoyono yang telah dilantik oleh presiden @jokowi menjadi Menteri Kabinet Indonesia Maju," ujarnya.

Moeldoko menyampaikan permintaan maaf karena dia tidak bisa menghadiri pelantikan AHY dan Hadi Tjahjanto di Istana hari ini. "Mohon maaf saya tidak bisa menghadiri pelantikan karena harus menjalankan tugas saya sebagai kepala @kantorstafpresidenri untuk menjadi pembicara forum @fao di Sri Lanka," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Istana Negara, Jakarta Pusat pada Rabu, 21 Februari 2024.

Selain itu, Presiden Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak hadir dalam pelantikan AHY tersebut. Terlihat, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Kemudian, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (purn) Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jaksa Agung ST. Burhanuddin, Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin (MA), Ketua Komisi Yudisial (KY) Amzulian Rifai.

Diketahui, Moeldoko sempat berpolemik dengan AHY karena perebutan Partai Demokrat. Akhirnya, pemerintah dan pengadilan memenangkan kubu Agus Harimurti Yudhoyono sebagai pengurus sah Partai Demokrat.

Soal Koalisi Besar, AHY Sebut Prabowo Punya Pertimbangan Matang
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Jakarta LavAni Allo Bank Electrik yang merupakan juara bertahan mengawali Proliga musim 2024 dengan meraih kemenangan 3-0 atas Jakarta Garuda Jaya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024