Ada 76 Rumah Rusak Akibat Tanah Bergerak di Brebes Jawa Tengah

Sebuah Rumah Rusak Parah Akibat Tanah Bergerak di Brebes Jawa Tengah
Sumber :
  • tvOne/ Tri Handoko, Brebes

Brebes – Jumlah rumah yang mengalami kerusakan akibat tanah bergerak di Brebes Jawa Tengah, terus bertambah hingga Minggu sore kemarin, 3 Maret 2024. Bencana tersebut terjadi di Dukuh Limbangan, Desa Sridadi, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jumlah Rumah Rusak Imbas Gempa Garut Terus Bertambah, 4 Warga Terluka

Camat Sirampog, Rade Andiana Younansyah, mengatakan akibat tanah bergerak yang masih terjadi menyebabkan jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan terus bertambah.

"Saat ini ada 76 rumah rusak, dan 35 diantaranya mengalami kerusakan berat dan nyaris roboh," kata Rade.

Imbas Gempa Garut, Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Menurut camat, bencana tanah bergerak di Dukuh Limbangan yang masih terjadi dikarenakan setiap hari masih diguyur hujan. Kondisi ini diperparah dengan kontur tanah yang labil.

"Warga saat ini sudah pada mengungsi, baik di rumah saudaranya maupun di Balai Latihan Kerja (BLK) sebuah ponpes di Desa Sridadi, di gudang material milik warga setempat," jelas Rade.

Kesaksian Warga, Gempa Garut Dirasakan Besar dan Terdengar Rumah Gemeretak dan Kaca Bergetar

Di posko pengungsian, pihak pemerintah juga menyiapkan dapur umum yang diperuntukkan bagi warga terdampak tanah bergerak yang saat ini tinggal di pengungsian.

"Ke depan rencana mereka para korban tanah bergerak akan di relokasi dari Dukuh Limbangan ke Dukuh Legok yang masih satu desa di Desa Sridadi," pungkasnya.


Laporan: tvOne/ Tri Handoko Brebes, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya