Kapolri Beri Perhatian Khusus untuk Tiga Daerah Ini saat Mudik Lebaran 2024

Kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik Natal 2023 di Tol Cipali
Sumber :
  • Antara

Jakarta - Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso menyebut dari sejumlah wilayah di Tanah Air, ada beberapa yang jadi perhatian khusus karena jadi tujuan paling banyak pemudik untuk pulang ke kampung halaman atau wisata saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2024.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

"Dari mulai Jakarta, kemudian ke wilayah timur itu mulai Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta. Jawa Tengah dan DIY itu merupakan jalur selain jalur lintasan, dia juga jalur tujuan orang mudik, itu paling persentasenya ada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nomor dua Jawa Timur, nomor tiganya baru arah Sumatdra," ujarnya pada Rabu, 6 Maret 2024.

Namun, dirinya menekankan kalau setiap wilayah harus ada persiapan untuk mencegah kepadatan lalu lintas. Slamet mengatakan, ada perhatian khusus terhadap sejumlah ruas jalan tol lantaran sering terjadi kepadatan lalu lintas di ruas jalan tol itu.

Tugas Nokia Sudah Tuntas

"Cara bertindak saya rasa semua sudah kita persiapkan, dari mulai contohnya yang kita atensi pasti ya daerah Cipali, Kalikangkung kemudian tol-tol fungsional yang ada di Cibitung-Cileunyi sampai Yogyakarta-Solo," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Inspektur Jenderal Polisi Aan Suhanan mengatakan jumlah pemudik Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran tahun ini diprediksi ada 136 juta orang.

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

"Itu ada di angka 136. 136,7 juta tepatnya. Ini perlu dikelola dengan baik," kata dia pada Selasa, 5 Maret 2024.

Kata dia, tahun lalu ada 123 juta orang yang mudik Lebaran. Nah, tahun ini diprediksi ada kenaikan sekitar lima sampai dengan enam persen. Hal itu didapat dari hasil survei yang telah dilakukan pihaknya dengan stakeholder terkait.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya