Cuaca Buruk Selat Sunda, Kemacetan Mengular hingga Keluar Pelabuhan Merak

Ilustrasi kemacetan Pelabuhan Merak, Banten
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Serang)

Banten – Kendaraan mengular hingga keluar Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, imbas dari cuaca buruk di Selat Sunda. Kemacetan bahkan mengular hingga ke ruas tol Tangerang-Merak, sekitar Gerbang Tol (GT) Cilegon Barat.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kemacetan panjang hingga keluar Pelabuhan Merak sudah terjadi sejak Jumat, 08 Maret 2024. Terkini, antrean kendaraan diklaim sudah mulai berkurang dan tidak sepanjang Sabtu pagi, 09 Maret 2024.

Kemacetan panjang hingga keluar Pelabuhan Merak, disebabkan cuaca buruk yang menyulitkan kapal sandar dan melakukan bongkar muat kendaraan.

Hujan Sedang hingga Lebat Diperkirakan Guyur Sejumlah Daerah pada Hari Ini

"Udah mulai ketarik, untuk cuaca sudah mulai membaik. Ini saya mau ngecek yang terkini. (Cuaca buruk dari kemarin) Iya betul," ujar AKP Riska Tri Arditia, Kasatlantas Polres Cilegon, melalui selulernya, Sabtu, (09/03/2024).

Petugas BMKG melakukan pemantauan cuaca (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Banjir Ekstrem, Seberapa Parah Curah Hujan di Dubai?

Untuk Jalan Cikuasa Atas, Kota Cilegon, Banten, dijadikan kantung parkir kendaraan. Arus kendaraan yang akan menyebrangi Pelabuhan Merak akan di tahan di Jalan Cikuasa Atas. Sedangkan Jalan Cikuasa Bawah, dijadikan jalur lalu lintas masyarakat setempat.

Kendaraan di Jalan Cikuasa Atas diperbolehkan masuk ke dalam Pelabuhan Merak, jika dermaga telah kosong atau sesuai permintaan dari petugas di lapangan.

"Cikuasa Atas kita jadikan buffer zone, ada buka tutup di fly over bawah, kalau di dalam pelabuhan kosong kita tarik masuk ke dalam pelabuhan," terangnya.

AKP Riska mengaku, tengah mengecek kondisi terkini kepadatan arus lalu lintas di sekitar Pelabuhan Merak dan cuaca di pelabuhan ujung barat Pulau Jawa itu. Kepadatan kendaraan dan kondisi cuaca, akan dijadikan acuan untuk membuat kebijakan. 

"Saya mau kroscek dulu kondisi terkini, karena kondisi terkininya per 30 menit," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya