Tinjau Banjir di Semarang Utara, Wali Kota: Kami Akan Berupaya Terus Menangani

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu membantu evakuasi warga.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang – Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan rapat koordinasi dengan beberapa kepala dinas terkait banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Rumah di Jaktim Roboh saat Renovasi, 1 Warga Tewas Tertimpa

Setelah itu, Wali Kota yang akrab disapa Mbak Ita tersebut lantas meninjau ke sejumlah titik banjir di Kota Semarang, Kamis, 14 Maret 2024. 

Mbak Ita melakukan peninjauan bersama jajaran dinas terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Dinas Kesehatan, Dinas Tata Ruang (Distaru) dan beberapa dinas lain. Hadir pula Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin dan jajaran Forkopimda Kota Semarang. 

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Banjir di Semarang

Photo :
  • BNPB

Mbak Ita melakukan pengecekan persoalan banjir dan menemui masyarakat secara langsung. Lokasi pertama yang dikunjungi yakni Kelurahan Kuningan, Kecamatan Semarang Utara. 

Istri Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal

Bersama rombongan, Mbak Ita membawa sejumlah logistik bantuan berupa air bersih, sembako, selimut yang akan dibagikan kepada warga terdampak.  Mbak Ita pun turut membantu proses evakuasi korban banjir menggunakan perahu karet. 

"Ada 2.000 paket makanan yang akan kami kirim di Panggung Lor. Mohon maaf ya karena banjirnya cukup tinggi. Kami akan berupaya untuk terus menangani," katanya. 

Lurah Kuningan Andi Widjanarto mengatakan, ada 154 warga terdampak. Namun hanya 12 warga yang harus diungsikan karena tinggi air di rumahnya mencapai satu meter. "Sedangkan warga lainnya tidak ingin diungsikan dan memilih bertahan di rumah masing-masing," kata Andi. 

"Mulai air masuk (banjir) tadi malam. Proses evakuasi baru mulai pagi ini. Tadi kita komunikasi ke RW masing-masing, warga ada yang mau diungsikan, ada yang tidak," ujarnya menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya