Eks Danjen Kopassus Demo di Depan KPU, Protes soal Dugaan Kecurangan Pemilu

Eks Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Soenarko ikut aksi demonstrasi di depan KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Eks Danjen Kopassus, Mayjen TNI (Purn) Soenarko ikut serta dalam aksi unjuk rasa di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2024. 

KPU Siapkan 8 Tim Kuasa Hukum Hadapi Sengketa Pileg 2024 di MK

Aksi demonstrasi itu dihadiri ratusan orang itu menuntut agar Pemilu 2024 digelar dengan adil. Mereka menilai, kontestasi demokrasi saat ini dipenuhi dengan berbagai kecurangan. 

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Photo :
  • AP Photo/Tatan Syuflana
Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Soenarko bahkan secara terang-terangan mengatakan dugaan kecurangan Pemilu 2024 ini terjadi karena ulah dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 

"Sutradara kecurangan ini adalah Jokowi, KPU itu hanya operator," ucap Soenarko kepada wartawan di tengah massa aksi depan KPU RI.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

Soenarko lantas mengingatkan KPU untuk menghentikan rekapitulasi atau penghitungan suara. Selanjutnya, dia meminta KPU melakukan audit forensik.

"Mengingatkan kepada KPU agar menghentikan perhitungan suara curang. Untuk itu mereka harus mau diaudit forensik," ungkapnya.

"Karena kita sudah tahu kecurangan dari Sabang sampai Merauke sudah terbuka," lanjut Soenarko.

Lebih lanjut, Soenarko memastikan kedatangannya dalam aksi demonstrasi itu merupakan keinginan pribadi. Tidak ada dorongan dari pihak manapun terhadap dirinya. 

Mantan Danjen Kopassus Mayjen TNI (Purn) Soenarko

Photo :
  • Youtube Realita Tv

Seperti diketahui, Soenarko dikenal sebagai salah satu loyalis Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Soenarko sempat terseret ke dalam dugaan makar isu people power yang digaungkan oleh kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya