Korlantas Polri Sebut Kesiapan Jalur Mudik 2024 Sudah Capai 98 Persen

Mudik Jalur Pantura/ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Seno

Jakarta - Direktur Penegakan Hukum Korps Lalu Lintas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Slamet Santoso mengungkapkan, kondisi jalur mudik Lebaran 2024 sudah cukup baik. Namun, bersama stakeholder terkait pihaknya bakal terus mengoptimalkan jalur agar pemudik bisa nyaman.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

"Kesiapan (jalur mudik) dari dinas terkait sudah 98 persen sudah oke, dari mulai kondisi jalan baik itu jalan tol, maupun non tol, hingga arteri," ujarnya, Kamis, 21 Maret 2024.

Perihal tempat sarana dan prasarana khususnya di pelabuhan yang jadi tempat penyeberangan pemudik pun tengah dioptimalkan. Secara garis besar pihaknya dan stakeholder terkait telah siap melayani dan memberi rasa aman kepada para pemudik.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jabar/Ilustrasi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

"Termasuk pelabuhan, mulai dari pelabuhan Merak, Bakauheni, Gilimanuk, Ketapang itu  juga sudah siap," ujar dia.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sebelumnya diberitakan, ratusan ribu personel gabungan dilibatkan dalam Operasi Ketupat yang digelar mulai 4-16 April 2024 mendatang.

"Jumlah personel yang terlibat sebanyak 145.161 orang di antaranya, Polri sebanyak 76.192 personel dan instansi terkait sebanyak 68.969 personel," ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis 21 Maret 2024.

Untuk diketahui, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menggelar Operasi Ketupat 2024 untuk menjaga kelancaran arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun ini.

Operasi dilakukan selama 13 hari mulai 4 April hingga 16 April 2024. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, pihaknya sudah menyusun skema pengamanan mudik lebaran yang bakal masuk finalisasi 25 Maret 2024 nanti.

“Itu sudah disusun, namun tadi disampaikan sekira tanggal 25 Maret 2024 yang akan datang," ujar dia kepada wartawan, Rabu 20 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya