Universitas Ini Pastikan Tak Terlibat TPPO Ribuan Mahasiswa ke Jerman

Ilustrasi dosen mengajar mahasiswa.
Sumber :
  • Instagram/gang5al

Jakarta - Sebanyak 33 universitas di Indonesia diduga termakan tipu muslihat jaringan internasional dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) mahasiswa ke Jerman.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Salah satu universitas yang ada di Tanah Air, yakni Swiss German University (SGU), memastikan tidak terlibat di dalamnya.

SGU mengaku menjalankan program joint degree internasional secara resmi dan memiliki izin dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Dalam pelaksanaannya, SGU mengungkap bekerjasama langsung dengan berbagai universitas negeri di Jerman. SGU menegaskan tak pernah menggunakan perantara apa pun dalam menjalin kerjasama. Hal itu diungkap Rektor SGU, Samuel P. Kusumocahyo.

“Saya pastikan di sini program yang dijalankan oleh SGU adalah program pendidikan joint degree internasional. Di mana mahasiswa SGU memiliki kesempatan untuk kuliah di universitas mitra kami di Jerman," kata Samuel, Selasa, 26 Maret 2024.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ilustrasi/Penerimaan mahasiswa baru

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Dia menuturkan program itu dilanjutkan dengan magang di industri yang berkaitan studi mereka. Kata dia, bukan asal magang bekerja apa saja.

"SGU pun secara langsung menjalin kerjasama dengan berbagai universitas negeri di Jerman, dan tidak memakai jasa agen perantara. Semua mahasiswa SGU yang sedang di Jerman terdaftar sebagai mahasiswa di universitas mitra di Jerman dan memiliki visa studi, bukan visa magang," jelas Samuel.

Dia bilang, SGU adalah universitas internasional pertama di Tanah Air yang tidak hanya menjalin kerjasama joint degree dengan universitas di Jerman. Namun, menurutnya kerjasama dengan universitas di Swiss dan Korea Selatan.

Samuel menjelaskan, mitra universitas program joint degress internasional SGU di Jerman antara lain Southwestphalia

University of Applied Sciences dan EAH Jena University of Applied Sciences. Kemudian, mitra universitas di Swiss adalah International Management Institute, Switzerland dan di Korea Selatan adalah Solbridge International School of Business Woosong University.

Kemudian, terdapat 16 konsentrasi program studi S1 di bidang ilmu dan teknologi hayati, teknik, IT, bisnis dan komunikasi yang dapat dipelajari di SGU. Setelah lulus program joint degree, mahasiswa bakal mendapatkan ijazah S1 dari universitas mitra di luar negeri tersebut.

Sebelumnya, heboh terkuaknya jaringan internasional tindak pidana perdagangan orang (TPPO) mahasiswa ke Jerman yang berhasil menipu universitas di Tanah Air.

Dalam modusnya, mereka meyakinkan universitas kalau ferien job adalah program magang yang resmi dari Kemendikbudristek. Padahal, program itu tak masuk dalam program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

"Menawarkan atau menjanjikan ke berbagai universitas yang ada di Indonesia tentang program frien job yang merupakan program magang. Kenyataannya, dipekerjakan laiknya buruh di Jerman," kata Direktur Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri, Brigadir Jenderal Polisi Djuhandhani Rahardjo Puro, Jumat, 22 Maret 2024.

Dari data Polri, ada 33 universitas di Tanah Air termakan tipu muslihat jaringan pelaku. Mereka menyampaikan ferien job dapat dikonversikan ke 20 SKS. Meski begitu, tidak dirinci nama puluhan univeritas itu. Menurut Djuhandhani, jajaran polda tengah menangani permasalahan ferien job yang dilaksanakan di universitas masing-masing wilayah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya