Kronologi Sekeluarga Keracunan AC Mobil saat Mudik, Satu Orang Tewas

Satu keluarga asal Kabupaten Lahat, Sumatra Selatan, keracunan udara Air Conditioner (AC) mobil saat melaju di Tol Indralaya-Prabumulih pada Minggu 24 Meret 2024.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Ogan Ilir - Satu keluarga asal Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, keracunan udara Air Conditioner (AC) mobil saat melaju di Tol Indralaya-Prabumulih pada Minggu 24 Maret 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dikabarkan dalam kejadian tersebut terdapat satu orang anggota keluarga meninggal dunia dalam perawatan di rumah sakit. 

Kasat Reskrim Polres Ogan Ilir, AKP Muhammad Ilham mengatakan, kasus keracunan AC mobil tersebut berawal saat satu keluarga yang terdiri dari delapan orang itu hendak mudik ke Bandung, Jawa Barat.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

AC mobil (Ilustrasi).

Photo :
  • Pixabay

Selama perjalanan, hal tak wajar terjadi saat mereka memasuki Tol Indralaya-Prabumulih, tepatnya di Kilometer 33 arah Indralaya dengan penumpang mencium bau tidak sedap di dalam mobil.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Rombongan pun tetap melanjutkan perjalanan, namun bau semakin menyengat hingga sopir akhirnya memutuskan untuk menghentikan kendaraan di bahu jalan.

Kemudian para penumpang yang diperiksa polisi mengaku tidak ingat apa-apa. Ketika sadar, dirinya sudah berada di rumah sakit.

Kemudian satu penumpang meninggal dunia dalam kejadian ini.

“Hasil penyelidikan awal diduga karena keracunan AC mobil,” ujar Ilham.

Ilustrasi AC mobil

Photo :
  • Pixabay

Diketahui mesin mobil yang menyala akan menghasilkan gas karbon monoksida (CO) yang cenderung tidak berwarna, dan tidak berbau, sehingga sulit dikenali.

Namun gas ini bisa menggantikan oksigen di dalam darah ketika mengikat sel darah, merampas oksigen jantung, otak, dan organ vital lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya