Pelabuhan Ciwandan Banten Layani Pemudik Motor, Truk Dilarang Melintas Mulai Jumat Ini

Pemudik sepeda motor masih padati Pelabuhan Ciwandan, Cilegon
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

BantenPelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten mulai dikhususkan bagi pemudik sepeda motor pada Jumat pagi, 5 April 2024. Sejak pukul 09.00 wib, truk yang akan menyeberangi Selat Sunda via Ciwandan akan dialihkan melalui Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Serang, Banten.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelabuhan Ciwandan diproyeksikan khusus pemudik motor yang akan menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatera. Namun, truk pengangkut logistik penting seperti sembako dan bahan bakar minyak (BBM) masih diizinkan.

"Pembatasan pukul 09.00 wib itu sudah tidak boleh kendaraan truk yang sumbu besar, kecuali yang mengangkut BBM dan sembako. Biar di sini fokus ke pengendara motor dulu. Jangan sampai terhalang, nyaman, tidak ada kendaraan besar," kata Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim, di Pelabuhan Ciwandan, Jumat, 5 April 2024.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Pemudik dengan sepeda motor diperkirakan mulai meningkat pada Jumat malam ini hingga Sabtu besok. Berdasarkan data Polda Banten, peningkatan pemudik motor sudah mencapai 70 persen dibanding Kamis malam, 4 April 2024.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Untuk mengantisipasi pemudik membludak, Polda Banten sudah menyiapkan sejumlah buffer zone di Citra Raya Balaraja Tangerang, Modern Industri Cikande Kabupaten Serang, hingga di Mapolresta Serkot. Dengan buffer zone itu diharapkan menghindari penumpukan kendaraan pemudik.

"Berdasarkan data yang kita dapatkan, akan ada peningkatan 70 persen dari penjualan tiket. Hari ini itu ada 3 ribuan, kalau besok sekitar ada 5 ribuan kendaraan," jelasnya.

Irjen Karim menilai pelayanan di Pelabuhan Ciwandan yang dikelola Pelindo 2 sudah baik dan nyaman bagi pemudik. Hal itu karena sudah ada sejumlah gerai makanan hingga toilet. Kemudian, disiapkan tenda antrean bagi pemudik sepeda motor.

Pun, jumlah unit kapal juga dinilai sudah cukup melayani masyarakat pemudik yang akan pulang kampung menuju Sumatera.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala, ritme kapal juga tadi sudah dihitung, jadi ritme nya tidak ada putus, terus berputar. Informasinya ada 11 kapal dari Ciwandan, untuk (pemudik) sepeda motor," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya