Arus Mudik Lebaran, Jalur Gentong Tasikmalaya Padat Merayap

Ilustrasi macet / mudik
Sumber :
  • Bridgestone Indonesia

TasikmalayaAntrean kendaraan pemudik yang datang dari arah Bandung menuju Jawa Tengah terlihat mengantre mau mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 di Jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu, 6 April 2024.

Haru, Sebelum Meninggal Stevie Agnecya Siapkan Baju Koko Lebaran untuk Anak dan Suami

Meningkatnya jumlah volume kendaraan, membuat arus lalu lintas sempat tersendat karena padat merayap.

Pantauan di lokasi, kepadatan terjadi dari mulai SPBU dan Rest Area Jalur Gentong hingga persimpangan Jalan Pamoyanan. Salah satu penyebab kepadatan kendaraan ini adalah banyaknya pemudik yang memanfaatkan bahu jalan untuk beristirahat.

Kepadatan lalu lintas arus mudik di jalan tol Semarang, Jateng, Sabtu (6/4/24).

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno
Pemicu Guncangan Gempa Garut Terasa ke Wilayah Pesisir Jabar Termasuk Sukabumi


Salah seorang pemudik asal Karawang dengan tujuan Tasikmalaya, Ristan (29) mengaku sepanjang perjalanan tidak menemukan kendala yang berarti. Namun, ada dua titik kepadatan yang membuat dirinya harus beristirahat. Titik pertama ia berhenti karena kepadatan di Cagak Nagreg dan ke dua di bahu jalan Jalur Gentong.

"Alhamdulillah lancar sih kalau perjalanan, tadi nemu macet agak padat di Cagak Nagreg. Karena cape kan, di Nagreg tadi istirahat dan di sini juga (Jalur Gentong) saya istirahat lagi karena agak padat," kata Ristan.

Meski terjadi kepadatan yang didominasi kendaraan roda empat, tetapi tidak terjadi kemacetan yang parah. Petugas kepolisian pun belum melakukan rekayasa arus lalu lintas, karena arus lalu lintas masih terbilang padat merayap. 

Namun, jika terjadi kemacetan parah, polisi akan memberlakukan sistem one way sepenggal untuk menguras kemacetan.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek
Ribuan Kendaraan Lintasi Tol Cipali saat Puncak Arus Mudik Lebaran 2024

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Sebanyak lebih dari 80 persen responden menyatakan puas atas kinerja polisi lalu lintas dalam menjaga keamanan dan kelancaran dalam arus mudik dan balik Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024