Polri Catat 301 Kecelakaan Selama Arus Mudik Lebaran, 26 Orang Tewas

Pemudik berhenti di bahu jalan tol
Sumber :
  • Instagram @korlantaspolri.ntmc

Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat ada 301 peristiwa kecelakaan yang terjadi selama arus mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 di seluruh Indonesia. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 26 orang meninggal dunia.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

"Data kecelakaan lalu lintas hingga Selasa, 9 April 2024 ada 301 kejadian," kata Juru Bicara Divisi Humas Polri, Kombes Harry Goldenhardt dalam keterangannya dikutip Rabu, 10 April 2024.

Pemudik berhenti di bahu jalan tol

Photo :
  • Instagram @korlantaspolri.ntmc
Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Dari total kecelakaan tersebut, sebanyak 26 orang dilaporkan meninggal dunia. Sementara itu, ada 430 orang lainnya mengalami luka-luka, terdiri dari 386 luka ringan dan 44 luka berat.

Kata Harry, kecelakaan tersebut mengakibatkan kerugian secara materil sebesar Rp659 juta. "Dengan kerugian materil sebesar Rp659.500.000," ucapnya.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Selain angka kecelakaan, Harry mengatakan pihaknya juga mencatat pelanggaran lalu lintas yang terjadi selama arus mudik Lebaran ini. Kata dia, ada 21.983 pelanggaran yang terjadi.

"Dengan rincian sebanyak 21.279 berupa teguran, dan sebanyak 704 tilang ETLE," kata dia.

Dia kemudian mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk tidak beristirahat di bahu jalan tol saat kelelahan. Karena akan membahayakan dirinya, maupun orang lain serta menghambat perjalanan bagi calon pemudik lainnya.

“Maka, disiplin dan taati segala peraturan dan ketertiban berlalu lintas karena keselamatan adalah yang paling utama sampai dengan tujuan," pungkas Harry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya