Cerita Ajay Pemudik yang Lewati Jalur Lingkar Gentong, Macet Parah Nyaris Tak Bergerak

Kondisi arus balik mudik di Jalur Gentong Tasikmalaya, Jabar.
Sumber :
  • tvOne-Denden Ahdani

Tasikmalaya - Arus balik mudik Lebaran Idul Fitri 2024 mulai terjadi di jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 12 April 2024. Intensitas jumlah kendaraan yang melintas dilaporkan meningkat signifikan.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Arus balik yang lewat jalur Gentong didominasi kendaraan roda empat pribadi serta kendaraan roda dua dari arah Tasikmalaya menuju Bandung.

Dari pantauan di lokasi, kendaraan berbalik dari mulai perempatan Ciawi hingga perbatasan Garut-Tasikmalaya padat merayap. Bahkan, di kawasan Lingkar Gentong, kendaraan nyaris tak bergerak.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Salah seorang pemudik asal Tasikmalaya yang menuju balik ke Kabupaten Subang, Ajay mengatakan ia mulai terjebak kepadatan sejak dari Jalan Ciawi hingga Lingkar Gentong. Kepadatan arus itu berjarak sekira 15 kilo meter.

Kondisi arus balik mudik di Jalur Gentong Tasikmalaya, Jabar.

Photo :
  • tvOne-Denden Ahdani
Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Menurut dia, jika kondisi normal, waktu tempuh jarak tersebut biasanya hanya 20 menit. Namun, kali ini, mesti memakan waktu kurang lebih 1 jam.

"Biasanya dari Ciawi ke Jalur Gentong ini bisa sampai 20 menit, tapi sekarang sudah hampir 1 jam masih di sini. Saya mau balik, dari Tasik ke Subang," kata Ajay, saat terjebak kemacetan di Jalur Gentong.

Ajay menuturkan, sebelum masuk Jalan Ciawi, ia belum menemukan titik kemacetan. Dia menduga hal itu karena tadi pagi belum banyak pemudik yang balik melintas dari arah Tasikmalaya menuju Bandung.

Namun, pada siang tadi, ia mesti bermacet-macetan untuk sampai ke Subang. Maka itu, ia sengaja memilih balik pada Jumat hari ini karena sudah dekati waktu masuk kerja.

"Tapi, mulai sekarang udah pada rame ini arus balik. Saya memilih balik sekarang, karena sudah mepet masuk kerja," ujar Ajay.

Dari pantauan, kendaraan pemudik dari arah Tasikmalaya menuju Bandung terus mengalami kenaikan yang signifikan. Sementara, dari arah sebaliknya terpantau ramai lancar.

Untuk puncak arus balik mudik, polisi prediksi bakal terjadi mulai Sabtu besok hingga Minggu 14 April 2024.

Laporan: Denden Ahdani-tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya